TIRMIZI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Reportase Webinar Meneroka Dapur Pentigraf

Reportase Webinar Meneroka Dapur Pentigraf

Reportase Webinar Meneroka Dapur Pentigraf

Tirmizi,S.Ag.M.Pd

Pada hari Sabtu 20 Juni 2020 acara kegiatan Webinar V yang dimulai jam 08.00 – 10.00 WIB yang diadakan oleh Media Guru Indonesia. Kegiatan ini melalui aplikasi zoom meeting dan juga bisa mengikuti di channel youtube MGI yang disiarkan secara live streaming. Kegiatan webinar ini menusung tema Meneroka Dapur Pentigraf.

Acara dibuka oleh Pemimpin Umum Media Inonesia, CEO Gurusiana yang juga Pemimpin Majalah Literasi Indonesia sekaligus host pada yaitu Bapak Muhammad Ihsan. Beliau menyampaikan tentang perkembangan pentigraf yang sudah menjamur di gurusiana dan hari ini akan dapat ilmunya langsung dari ahlinya Pentigraf

I. Dr. Tengsoe Tjahjono.M.Pd

Bapak Dr. Tengsoe Tjahjono.M.Pd. Kelahiran 3 Oktober 1958 di Jember Pakar dan ahlinya serta penemu pentigraf .Beliau seorang penyair dan juga dosen UNESA ( Universitas Negeri Surabaya) juga pernah mengajar serta pernah mendapatkan penghargaan karya sastra sebagai sastrawan berprestasi pada tahun 2012 .

Jenis karya yang pernah beliau kembangkan adalah putiba (puisi tiga bait) dan tatika (cerita tiga kalimat ).Pentigraf adalah cerpen tiga paragraf..Bukan lah ringkasan dari sebuah cerpen atau novel. Pentigraf itu langsung selesai tidak bersambung.Jika bersambung bukan pentigraf namanya.

Jenis short short story (cerita pendek yang pendek) yaitu: flash story,fiksi mini,cerita sekilas,cerita mini,dan cerita 140 huruf

Elemen fentigraf yaitu : Tema,Alur,Tokoh,dan Latar

Formula fentigraf :

1. Fokus pada persoalan yang dihadapi seorang tokoh atau tema yang diangkat

2. Elemen narasi yang berupa tokoh alur dan latar dihadirkan secara bersama sama dalam satu jalinan yang utuh

3. Kurangi dialog ubah dialog kedalam teks deskripsi atau narasi

4. Usahakan ada kejutan pada paragraph ke-3 hal ini yang tak terduga yang bisa menimbulkan suspense atau ketegangan

5. Panjang paragraph hendaknya dalam ukuran wajar maksimal 210 kata

Panjang paragfraf itu tidak dibatasi tetapi namanya pentigraf maksimal 210 kata menjadi hanya 1 lembar kertas A5. Kurang dari 210 kata itu lebih bagus. Didalam fentigraf hindari banyak dialaog cukup satu saja kalimat langsung yang lainnya jadikan narasi. Yang menjadi ciri khas pentigraf adalah Twist. Yaitu kejutan atau hal yang tak terduga atau sesuatau yang tidak disangka di paragraph ketiga yang menimulkan ketegangan yang tidak disangka-sangka oleh pembaca.

Pentigraf sering berawal dari pengalaman nyata atau fakta sehari hari yang diangkat jadi cerita, tetapi diformat menjadi karya sastra yang menaik.

II. Mas Eko Prasetyo

Mas Eko Prasetyo pemred MGI dengan gayanya yang khas juga memaparkan tentang karya sasfra yang pendek dan ringkas yaitu itu pantun,puisi dan pentigraf. Filosofi pentigraf sama dengan kehidupan kita ini. Hidup itu begitu singkat begitu ringkas jadi orang ingin menikmati karya sastra yang ringkas saja.

Terakhir Mas Eko mengadakan kuis dengan hadiah buku karangan asli dan tanda tangan asli dari Pak Tensoe yang berjudul “ Meneroka Dapur Pentigraf” kepada peserta webinar di chat video.

Semoga bisa buat pentigraf sesuai dengan yang diajarkan oleh Bapak Tensoe.

Tanjung Balik, Solok 22 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, pak...

22 Jun
Balas

Mantap, pak...

22 Jun
Balas

Mantap, pak...

22 Jun
Balas

Mantap, pak...

22 Jun
Balas

Siip,pak. Lengkap reportasenya

25 Jun
Balas

Siip,pak. Lengkap reportasenya

25 Jun
Balas

Mantap pak

22 Jun
Balas

Mantap pak

22 Jun
Balas



search

New Post