Titarini

Lahir di Jember 12 Mei 1974. Pengawas Madrasah Tingkat Raudhatul Athfal Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember....

Selengkapnya
Navigasi Web

Sidak Versus GPS (Global Positioning System)

Sidak alias inspeksi mendadak merupakan salah satu bentuk pembinaan disiplin pegawai. Hal ini masih sering kita temui pada instansi pemerintah. Tidak jarang pegawai akan merasa panas dingin jika tidak berada di tempat kerja tanpa alasan yang cukup kuat saat ada sidak. Dari hasil sidak, tidak jarang akan membuahkan reward atau punishment.

Baru-baru ini ada seorang kepala dinas yang mengadakan sidak. Betapa terkejutnya dia saat mendapati ruangan seorang pegawai yang kosong tanpa ada informasi atau alasan apapun. Kemudian dia memfoto ruangan tersebut dan dia kirim ke grup obrolan. Seketika foto itu pun menjadi viral. Tidak hanya sampai di situ, beberapa ASN mulai membuat jadwal kegiatan untuk memberikan informasi jika suatu saat ada sidak.

Memasuki era digital seperti saat sekarang, kegiatan sidak di lembaga swasta khususnya, sudah tidak berlaku lagi. Mereka lebih percaya aplikasi untuk mengontrol kegiatan. Pihak Perusahaan bisa mengetahui keberadaan para karyawan saat jam kerja. Walaupun para karyawan berada di luar area kantor, masih tetap bisa terpantau. Mereka memanfaatkan teknologi GPS untuk melacak keberadaan para karyawan saat jam kerja.

Pemanfaatan teknologi akan banyak membantu tugas-tugas terkait kepengawasan. Namun sosok pemimpin yang baik yang bisa diteladani atau memberikan contoh yang baik, tak akan pernah bisa tergantikan oleh teknologi secanggih apapun. Kita masih membutuhkan sosok pemimpin yang bisa menjadi teladan, juga memberi semangat dan motivasi serta menginspirasi.

Ambulu, 26 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post