Titik Haryani

Titik Haryani Lahir di Kulon Progo, 4 Juni 1968. Menyelesaikan S1 di IKIP Negeri Yogyakarta jurusan Bimbingan dan Konseling, S2 di Universitas Sarjanawiayata Ta...

Selengkapnya
Navigasi Web
Putri Ariani di Gurusiana (7)
Foto: Google

Putri Ariani di Gurusiana (7)

Blog Gurusiana penulis kenal tahun 2017. Dikenalkan Pak Ikhsan dan Mas Eko Prasetyo, trainer Pelatihan dalam Program Satu Guru Satu Buku di Hotel Utami, Sidoharjo, Jawa Timur. Gurusiana memuat tulisan para guru Indonesia, bercirikan tulisan syarat makna yang dikemas ringan dengan bahasa sederhana. Saat kita mulai membaca, terkuras rasa untuk melanjutkannya tanpa jeda. Begitulah Gurusiana membius kita.

Sempat terputus kontak dengan blog cantik ini, karena akun tidak bisa dibuka. Mau membuat akun baru kok sepertinya sayang dengan akun yang lama. Ibarat rindu namun tak berusaha bertemu, itulah yang penulis rasakan.

Hingga awal tahun 2023, mendapat tugas dinas untuk mengajak guru menulis buku. Menarik sekaligus menantang nyali. Menulis buku sedang trend bagi guru, namun tentu tidak semua guru berminat. Ya sudahlah, apa salahnya dicoba memantik para pahlawan tanpa tanda jasa ini untuk mencoba menulis buku, syukur-syukur lanjut cetak buku ber ISBN.

Alhamdulillah, gayung bersambut. Peserta bersemangat untuk menerbitkan buku. Namun apa yang akan ditulis ya, mengingat peserta pelatihan dari guru dengan latar belakang matapelajaran yang berbeda-beda. Ide muncul ketika hampir kamera sosial media media sedang menyorot sosok Putri Ariani. Gadis cantik penyandang disabilitas tuna netra yang mampu mendapat golden buzzer di ajang american's Got Talent setelah memukau yuri terkiller Simon Cowwell's.

Proses latihan menulis diawali dengan membuat naskah yang akan diunggah di blog Gurusiana. Sepakat menulis dua halaman, dikumpulkan dalam google drive. Tim editor yang juga peserta pelatihan siaga untuk saling bantu, saling edit. Peran editor dadakan ini sangatlah penting. karena mereka bena-benar mengecek mulai dari pemilihan kata, susunan kalimat dan juga tata tulis lainnya. Semua bekerja sukarela, tidak ada upah dari jerih payahnya.

Setelah final, masing-masing penulis mengunggah naskah di Gurusiana. Lanjut saling bertukar link akun, saling membaca, saling komen dan saling klik suka. Gurusiana telah menjadi wadah untuk pemula yang masih takut menuangkan karya. Penuh semangat peserta pelatihan melanjutkan dengan menulis buku antologi dan menerbitkannya menjadi buku ber ISBN. Harapannya akan menghiasi deretan buku yang dipajang dietalase Gurusiana, Semoga. Sukses selalu pahlawan pendidikan.

Akhirnya peserta pelatihan berhasil menyelesaikan karya dalam bentuk sebuah Buku Antologi apresiasi untuk Putri Ariani dengan judul " Untukmu Ariani, Putri kami" ( Komunitas Guru Penulis Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta)

Akhirnya peserta pelatihan berhasil menyelesaikan karya dalam bentuk sebuah Buku Antologi apresiasi untuk Putri Ariani dengan judul " Untukmu Ariani, Putri kami" ( Komunitas Guru Penulis Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu, sukses selalu

15 Jul
Balas

Pengen sekeren dan sproduktif Pak Rochadi, terimakasih Pak

23 Jul

Sukses selalu bunda

07 Jul
Balas

Terimakasih, mohon suportnya agar produktif seperti Bu Effi yang muda penuh karya.

07 Jul

luar biasa tulisan bu Titik ini, menginsfirasi..salam literasi Bu Titik.

09 Jul
Balas

Terimakasih, mari saling support Pak

23 Jul



search

New Post