Titik Suharyati, S.Pd.

Guru ASN SMA Negeri 13 Surabaya...

Selengkapnya
Navigasi Web
Panggung Tirakatan dan Tasyakuran Kemerdekaan
Pinterest.com

Panggung Tirakatan dan Tasyakuran Kemerdekaan

Panggung Tirakatan dan Tasyakuran Kemerdekaan

Oleh Titik Suharyati

Tagur 187

*

Malam ini, 16 Agustus 2022 di hamper setiap Rukun Tetangga, Rukun Warga di kampong, perumahan menggelar malam tirakatan 17 Agustus, malam kemerdekaan. Banyak acara yang dipersiapkan oleh masing-masing kampung yang mengadakan. Biasanya malam tirakatan ini digelar bagda magrib atau isyak hingga malam sesuai dengan banyaknya acara- Hal ini bergantung pada masing-masing kampung atau perumahan yang mengadakan. Oleh karena itu tidak heran apabila banyak jalan kampung yang ditutup di malam tirakatan 17 Agustus ini sebagai panggung malam kemerdekaan.

Panitia pelaksana kegiatan tentunya sudah mempersiapkan berbagai acara yang akan ditampilkan pada malam tirakatan ini. Dari namanya saja “Malam Tirakatan” tentunya menunjukkan sikap tirakat. Oleh karena itu kebanyakan pada malam ini akan diisi sikap evaluasi diri dari masing-masing kampung yang mengadakan malam panggung tirakatan. Evaluasi disini adalah bentuk penilaian terhadap kinerja warga kampong atau perumahan dalam berkegiatan di kampong atau perumahan selama satu tahun. Dalam evaluasi ini akan direnungkan, dipikirkan, adakah hal-hal atau program kampung yang dirasa dalam setahun ini belum terlaksana atau dalam pelaksanaannya tidak tertangani dengan baik sehingga hasil tidak sesuai target. Atau mungkin juga ada kejadian-kejadian yang meresahkan warga kampung. Kondisi ini perlu dilakukan pemikiran atau tindakan penanganan yang serius untuk mengatasi atau mencegah hal tersebut agar tidak terulang kembali. Selain hal-hal yang kurang , mungkin juga dibicarakan hal atau kegiatan warga kampung yang perlu apresiasi sehingga perlunya penghargaan atau reward guna memberi support pada warga untuk lebih baik lagi dan mampu memajukan kampungnya.

Acara yang selalu ditunggu selain hal di atas adalah pembagian hadih perlombaan yang digelar sebagai perayaan kemerdekaan. Tentunya banyak perlombaan yang diadakan oleh warga kampung atau perumahan. Perlombaan yang digelar ini biasanya diperuntukkan anak-anak, ibu-ibu, dan juga bapak-bapak. Pemenang dalam perlombaan ini akan mendapatkan hadiah yang diberikan saat malam panggung tirakatan ini.

Setelah melakukan perenungan sebagai bahan evaluasi dan juga pembagian hadiah bagi pemenang lomba, pada malam tirakatan yang pasti akan diselingi dengan berbagai pertunjukkan hiburan yang diisi oleh warga kampung atau perumahan yang punya talenta. Tidak menutup kemungkinan panitia malam panggung tirakatan ini akan mendatangkan pemain elekton dan penyanyinya. Pada saat inilah kebahagiaan warga akan tertumpah dengan menyanyi dan berjoget bersama.

Yang menjadi kemeriahan dalam kebersamaan malam tirakatan ini biasanya dilengkapi dengan tumpengan bersama atau berkatan. Semua warga kampung, perumahan di RT, RW akan keluar merayakan malam kemerdekaan dengan hati bahagia, menikmati sajian makanan yang dipersiapkan oleh ibu-ibu sebelumnya secara guyub, bekerja bersama-sama . Untuk makan bersama ini ada juga yang cukup mengirimkan berkat atau nasi kotak tiap keluarga. Hal ini karena kesibukan dari warga perumahan yang mungkin telah disibukkan bekerja di luar.

Indonesia, salam merdeka, dirgahayu negeriku ke- 77 . Semoga warga Indonesia ke depan lenih merasakan arti kemerdekaan yang sebenarnya, pemerataan kesejahteraan yang bisa dinikmati semua warganya. Para pemangku jabatan lebih kepada mengayomi warganya dan tidak mengayomi diri sendiri atau golongan.

*

Malamku Bapil, 16082022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Amin. Salam merdeka...

17 Aug
Balas

Meredeka ..maksih bunda ats hadir n suportnya

17 Aug

Salam merdeka

17 Aug
Balas



search

New Post