TITIK UMI KARYANI

Sehelai daun keringpun tak akan jatuh tanpa seizin Alloh, begitu pula semua hal yang datang dan pergi dalam hidup kita, maka bersabarlah. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
SI CANTIK REFUGIA

SI CANTIK REFUGIA

SI CANTIK REFUGIA

Kamis pagi adalah jadwal untuk jalan sehat. Guru-guru, karyawan dan seluruh siswa dengan antusias mengikuti. Wajah-wajah cerah, senyum merekah iringi langkah menyusuri jalan pedesaan, pinggir sawah. Burung - burung kuntul beterbangan sesekali hinggap di pematang sawah. Padi yang mulai menua, kuning keemasan tertimpa sinar Surya.

Ada yang menarik sepanjang perjalanan. Aneka tanaman bunga yang cantik bermekaran di pinggir sawah. Ada bunga kertas, bunga kenikir dan bunga matahari yang menawan hati. Ternyata bunga-bunga itu sengaja ditanam tidak hanya untuk keindahan, tetapi bermanfaat untuk tanaman refugia.

Menurut para ahli, refugia adalah beberapa jenis tanaman yang dapat menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan atau sumber daya lain yang disediakan untuk musuh alami seperti predator dan parasitoid ((Nentwig, 1998; Wratten et al., 1998) di Allifah et.al2013 dan Pertiwi 2014)). Refugia bekerja sebagai mikrohabitat yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam usaha pelestarian alami.

Ini tentu saja selain indah,

lebih murah, ramah lingkungan dan kesehatan, dibandingkan menggunakan bahan kimia yang selama ini digunakan para petani.

Beberapa penelitian mengenai jenis tanaman hias yang diajukan sebagai tempat berlindung di antara bunga matahari lainnya (Helianthus annuus), bunga kertas zinnia (Zinnia peruviana), (Zinnia acerosa), (Zinnia bicolor), (Zinnia grandiflora), (Zinnia elegans), kenikir (Kosmos) caudatus) dll. [Allifah et.al2013] dan [Tanpa nama 2016].

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Manttuuul Mbak Titik...setangkai Zinnia pun tampak indah merekah, di pematang sawah. Hari pun menjadi begitu indah....tempatku jalan sehatnya Jumat Mbak.. Semangat pagi, sehat dan sukses...barakallah

14 Mar
Balas

Secantik yang nulis..... Hehehe

14 Mar
Balas

He...he... terimakasih pak Gantyo...salam sehat dan sukses

14 Mar

Secantik yang nulis..... Hehehe

14 Mar
Balas

Secantik yang nulis..... Hehehe

14 Mar
Balas

Mantul Bu Titik. Terus bersemangat..dan berkarya

14 Mar
Balas

Terimakasih untuk semangatnya bunda

14 Mar

Semangat pagi juga duk Upik...kaki masih pegel...tadi lumayan jauh..salam sehat selalu..barakallah

14 Mar
Balas

Tetap semangat dan terus berkreasi seindah bunga refugia

14 Mar
Balas

Terimakasih ...salam semangat dan sehat

14 Mar



search

New Post