Titim Aminatus Sholikha

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemanfaatan Media Google Docs Untuk Meningkatkan Hasil Berpikir Kritis dalam Mata Pelajara

Pemanfaatan Media Google Docs Untuk Meningkatkan Hasil Berpikir Kritis dalam Mata Pelajara

Best Practice

Pemanfaatan Media Google Docs Untuk Meningkatkan Hasil Hasil Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran PAI Terhadap Siswa Kelas 5 SD al muslim

Oleh : Titim Aminatus Sholikha, S. HI

A. Tahap Perencanaan

Generasi Z tumbuh di era teknologi sedang berkembang dengan pesat. Internet, media sosial, dan berbagai aplikasi yang mempermudah segala sesuatunya.. Bahkan, gen Z di Indonesia menempati posisi teratas yang paling banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di Internet. Teknologi dan sosial media semakin diminati oleh anak-anak. Pendidikan karakter yang seharusnya tumbuh sejak usia dini, saat ini sudah mulai tergantikan oleh teknologi dan media sosial. Pendidikan merupakan sesuatu yang penting pada masa sekarang ini, karena pendidikan merupakan kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi sepanjang hayat bagi umat manusia. Adapun pendidikan karakter adalah bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik dan diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik. Salah satu pendidikan karakter adalah sikap menghargai sesama. Penguatan sikap menghargai terhadap sesama terdapat pada KD 3.3 Pendidikan Agama Islam kelas 5. Memiliki sikap menghargai sesama bertujuan agar kita menjadi manusia yang lebih bijaksana, tercipta keadaan damai dan tenteram, sehingga terwujud negeri yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur.

B. Pelaksanaan

Pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 ini yang dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2022, guru melakukan perencanaan dalam rangka menerapkan Pemanfaatan Media Google Doc Untuk Meningkatkan berfikir Kritis Siswa, sebagai berikut : Pada materi Saling Menghargai Sesama, guru menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Best earning). Guru mengawali pembelajaran di kelas 5 Usamah. Guru menyiapkan konteks dan conten materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam sesuai Kompetensi Dasar 3.3 Memahami makna saling menghargai sesama manusia dan 4.3 Mencontohkan sikap saling menghargai sesama manusia. Kemudian merancang kegiatan atau aktivitas belajar yang menyenangkan peserta didik sekaligus materi penguatan. Peserta didik sangat antusias pada pembelajaran ini karena problem yang dipecahkan adalah peristiwa yang baru terjadi, yaitu peristiwa Kanjuruhan di Malang Jawa Timur. Peserta didik mencari tahu dan menggali informasi sebanyak-banyaknya dari google. Di zaman teknologi modern seperti saat ini, tabayyun (mencari kebenaran) bukan suatu perkara yang sulit. Kuncinya terletak pada kemauan kita umat Islam untuk melakukan cek dan ricek akan sebuah informasi. Dan perlu diingat bahwa tabayyun adalah perintah Allah SWT dalam Al Quran di surat Al Hujarat ayat 6. يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن جَآءَكُمْ فَاسِقٌۢ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوٓا۟ أَن تُصِيبُوا۟ قَوْمًۢا بِجَهَٰلَةٍ فَتُصْبِحُوا۟ عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَٰدِمِينَ Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu seorang yang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

C. Visual Hasil

Laporan kegiatan masing-masing kelompok peserta didik dituangkan dalam google doc yang sudah disiapkan oleh guru. Kemudian dipresentasikan secara bergantian. Berikut ini adalah dokumen hasil laporan peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan model Problem Best Learning dalam peristiwa Kanjuruhan dengan sikap saling menghargai sesama.

Hasil PBL Peserta didik yang dituangkan pada Media Google Doc

D. Tindak Lanjut

Sebagai feedback/ umpan balik dari kegiatan yang dilakukan, guru mengapresiasi kegiatan masing-masing kelompok sebagai berikut:

1. Guru memberikan saran dalam bekerja kelompok, masing-masing anggota saling berbagi tugas dan memberikan ide-ide atau pendapatnya

2. Guru mengapresiasi kelompok yang sudah bekerja sama dengan baik dan menyampaikan korelasi argumentasinya dengan problem yang dipecahkan

3. Guru memberikan evaluasi dari pembelajaran hari ini melalui game quizizz

4. Guru memberikan tugas peserta didik mengaplikasikan sikap saling menghargai sesama dalam kehidupan sehari-hari, misal tidak mengolok-ngolok nama orang tua, menghargai orang yang lebih tua dan menyayangi sesama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post