Titim Aminatus Sholikha

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia di Kelas 2
Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia di Kelas 2 Maryam SD al muslim

Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia di Kelas 2

Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia di Kelas 2 Maryam SD al muslim

Titim Aminatus Sholikha, S. HI

SD

A. PERENCANAAN

Kegiatan belajar yang menyenangkan adalah kunci untuk meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran. Salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan sejak dini adalah kemampuan berbahasa, khususnya dalam membaca dan memperluas kosakata. Banyak peserta didik kelas 2 mengalami kesulitan dalam memahami kosakata baru dan menggunakannya dalam konteks yang tepat. Oleh karena itu, permainan kartu kata dirancang sebagai media pembelajaran yang kreatif dan edukatif, yang menggabungkan aspek bermain dan belajar.

B. PELAKSANAAN

Pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2 Maryam ini yang dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2024, guru melakukan perencanaan dalam rangka menerapkan Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Peserta didik, sebagai berikut : Pada materi membaca, guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Guru mengawali pembelajaran di kelas 2 Maryam. Guru mengembangkan Kosakata untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam mengenali dan menggunakan kosakata dasar. Guru membiasakan peserta didik membaca kata secara cepat dan tepat. Guru mendorong peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok dan saling membantu. Guru membuat peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia melalui kegiatan yang interaktif dan menyenangkan.

Adapun untuk Persiapan dan Bahannya, sebagai berikut:

Kartu Kata: Kartu yang memuat berbagai kata sederhana dan umum untuk kelas 2, seperti benda, hewan, kata kerja, dan kata sifat. Setiap kata dilengkapi gambar kecil untuk memperkuat asosiasi.

Langkah-Langkah Pelaksanaan Kegiatan:

1. Pembagian Kelompok Bagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok kecil beranggotakan 3-4 orang. Tujuannya agar peserta didik dapat bekerja sama dan saling membantu dalam permainan.

2. Pengenalan Kata Sebelum permainan dimulai, guru memperkenalkan beberapa kata pada kartu sebagai contoh. Jelaskan arti dan penggunaan setiap kata dalam kalimat sederhana.

3. Permainan Utama: Tebak Kata Berkelompok

Ø Setiap kelompok mendapat setumpuk kartu kata.

Ø Satu orang dalam kelompok mengambil satu kartu dan memberikan petunjuk atau menjelaskan kata tersebut (tanpa menyebutkan kata itu sendiri).

Ø Anggota kelompok lainnya mencoba menebak kata yang dimaksud. Misalnya, jika kata di kartu adalah “bola”, peserta didik yang memegang kartu bisa berkata, “ini digunakan untuk bermain sepak bola.”

Ø Setiap jawaban benar mendapat poin. Permainan dilanjutkan sampai semua kartu habis.

C. VISUAL HASIL

Laporan kegiatan masing-masing kelompok peserta didik dipresentasikan secara bergantian. Berikut ini adalah dokumen hasil laporan peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran Permainan Kartu Kata dengan model Problem Based Learning.

D. TINDAK LANJUT

Sebagai feedback/ umpan balik dari kegiatan yang dilakukan, guru mengapresiasi kegiatan masing-masing kelompok sebagai berikut:

1. Guru mengajak peserta didik untuk membaca kata-kata pada kartu kata yang dibawa oleh guru.

2. Guru mengapresiasi kelompok dengan skor tertinggi berupa tepuk tangan dan kata-kata motivasi

3. Guru memberikan evaluasi efektivitas permainan dan melihat apakah peserta didik menunjukkan peningkatan dalam mengenali kosakata. Guru juga dapat mengevaluasi kerja sama antar peserta didik dalam kelompok.

4. Guru menerapkan secara berkala dengan variasi kartu yang berbeda agar peserta didik selalu bersemangat dan dapat menambah kosa kata secara bertahap.

5. Guru memberikan tugas peserta didik untuk membaca buku cerita bergambar

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post