Skenario Pembelajaran Online
#Tantangan Menulis 365, Hari ke-197
#Titin Marini
Dalam rangka mengawali pembelajaran PJJ ahun ajaran baru maka di sekolah kami diadakan IHT untuk memperkenalkan aplikasi-aplikasi online yang akan dipakai dalam PJJ . Salah satu aplikasi yang diperkenalkan oleh nara sumber yang kebetulan teman guru di sekolah kami sendiri adalah aplikasi telegram.
Setelah dijelaskan dengan panjang lebar mengenai aplikasi telegram tibalah saatnya kami untuk praktek menggunakan aplikasi telegram tersebut dalam pembelajaran. Sangat seru pastinya. Setelah selesai IHT kami harus mengumpulkan tagihan yang berupa latihan membuat skenario pembelajaran dengan aplikasi telegram. Saya segera latihan membuat skenario pembelajaran online melalui telegram yang tentunya masih jauh dari sempurna. Gak papalah. Namanya juga sedang berlatih.
Begini kurang lebih skenario pembelajaran saya:
Perkenalan
Pertemuan Pertama
1. Assalamualaikum ..... selamat pagi anak anak ibu semua. Apa kabar ? Semoga kita semua selalu berada dalam keadaan sehat. Aamiin yra ....
2. Sebelum kita memulai pelajaran silakan absen terlebih dahulu
3. Ini adalah hari pertama kita ketemu pada semester 1 kelas 9 secara daring.
4. Perkenalkan Nama Ibu Hj Titin Marini, M.Pd. Biasa dipanggil Bu Hj Titin. Sekilas untuk melihat profil ibu bisa dilihat PP yang ibu kirim.
5. Pada Kesempatan ini ibu juga akan menyampaikan tata tertib belajar dengan ibu :
a. Semua siswa hadir di grup telegram kelas tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ada
b. Bagi yang berhalangan hadir bisa langsung japri ibu supaya tercatat sama ibu
c. Materi akan ibu sampaikan di grup kelas telegram dan diarsipkan di grup umum Mapel Bahasa Indonesia kelas 9
d. Saat ibu menyampaikan materi, semua siswa tidak boleh kirim chat atau yang lainnya supaya informasi dari ibu tidak terputus.
e. Disaat ibu buka sesi tanya jawab, siswa boleh bertanya dengan terlebih dahulu mengangkat tangan
f. Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang sopan.
6. Materi untuk semester 1 ada 4 bab dengan disesuaikan dengan materi covid
Bab 1. TEKS LAPORAN PERCOBAAN
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
"3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)"
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
Bab 2 . TEKS PIDATO PERSUASIF
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
PENILAIAN HARIAN 1
Bab 3. TEKS CERITA PENDEK
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
4.5 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar.
4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
Bab 4.TEKS TANGGAPAN
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
4.7 Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
3.8 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca.
4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
PENILAIAN HARIAN 2
Untuk memudahkan pemahaman kamu harus memiliki dan membaca :
a. Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 9
b. LKS Bahasa Indonesia Semester 1
c. Kamus Bahasa Indonesia
Ibu harap kamu semua bisa menyiapkan ke 3 sumber belajar tersebut.
7. Penilaian akan ibu ambil dari kehadiran, keaktifan saat ibu menyampaikan materi, nilai tugas , nilai ulangan harian, nilai tengah semester dan nilai akhir semester.
8. Selama proses pembelajaran ibu akan menggunakan telegram, google classroom dan kalau diperlukan ibu pakai google meet.
Media yang akan ibu gunakan akan ibu umumkan di grup Telegram Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 sebagai grup umum.
9. Untuk Tugas tugas akan ada di google classroom, kode untuk join ke google classroom nanti akan ibu umumkan di grup Telegram Bahasa Indonesia Kelas 9.
Sebaiknya kamu semua mulai mendownload google classroom nya.
10. KKM untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 1 adalah 78
Artinya hanya siswa yang mencapai nilai minimal 78 yang dinyatakan sudah Tuntas untuk materi yang bersangkutan
11. Sampaikan ke temannya untuk japri ibu bagi yang tidak punya Handphone
12. Demikian informasi yang bisa ibu sampaikan, silakan kalau ada yang mau bertanya. Jangan lupa caranya dengan mengangkat tangan terlebih dahulu.
13. Baiklah, ibu rasa untuk pertemuan pertama ibu cukupkan sampai disini. Minggu depan kita lanjutkan lagi.
14. Mohon maaf atas kesalahan yang ada dan kita tutup dengan membaca “ alhamdulillah “
15. Wassalamualaikum wr wb
Demikian tadi latihan pembuatan skenario pembelajaran online yang saya buat , pembelajaran dengan menggunakan aplikasi telegram.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantappp
Tagihan IHT Miss. Hihii. Mks
Sukses selalu Bu Titin.
Aamiin. Terimakasih Bu Alina.
Keren. Sukses selalu
Aamiin. Terimakasih Bu Laily