Titin Suryani

Terlahir di Tasikmalaya tanggal 7 Nopember 1968. Waktu SMP ingin jadi penyair, semasa SMA sangat ingin jadi guru Olahraga tetapi akhirnya takdir menjadikannya g...

Selengkapnya
Navigasi Web
Webinar V Meneroka Dapur Pentigraf

Webinar V Meneroka Dapur Pentigraf

REPORTASE WEBINAR V MENEROKA DAPUR PENTIGRAF

Pada hari Sabtu, tanggal 20 Juni 2020, telah diselenggarakan Webinar V dengan tema Meneroka Dapur Pentigraf, melalui zoom meeting maupun youtube.

Sesuai dengan temanya, maka dalam webinar tersebut dibahas tuntas tentang bagaimana proses terwujudnya sebuah jenis karya sastra tulisan yang disebut dengan pentigraf atau cerpen tiga paragraf,yang disampaikan langsung oleh pencetusnya. Yaitu, Dr. Tengsoe Tjahyono, seorang dosen di Universitas Negeri Surabaya.

Selain Pak Tengsoe sendiri, pembicara dalam webinar tersebut dilengkapi oleh Pak Eko Prasetyo Pemred Media Guru, yang sudah tidak asing lagi, serta Pak Mochammad Ihsan sebagai hostnya. Benar-benar webinar yang bergizi, karena pembicara-pembicaranya yang tidak diragukan lagi kompetensinya.

Menurut Pak Tengsoe, bahwa Pentigraf adalah karya tulis yang padat dan berisi. Karena meskipun hanya dalam tiga paragraf dengan batasan kata maksimal 210 kata, namun harus mampu menggambarkan plot/alur cerita, tokoh, dan konflik, serta dapat menyampaikan isi/makna dari cerita itu sendiri.

Yang sangat menarik dari paparan beliau, bahwa dalam pentigraf kita harus pandai memilih diksi, sehingga mampu menceritakan sebuah fakta menjadi fakta yang lain.

Saking menariknya pembicaraan dalam webinar tersebut, waktu selama dua jam yaitu dari jam 8.00 sampai dengan jam 10.00 berlalu tidak terasa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, berarti kita sama-sama mengikuti kegiatan ini ya? Paparan yang lengkap dan mantap. Maaf baru sempat berkunjung.

11 Dec
Balas



search

New Post