Tonnie H Nugraha

Terlahir di kota BanjarJawa Barat yg mempunyai cita² menjadi insinyur diwaktu kecil dan ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa menjadi guru karena digariskan men...

Selengkapnya
Navigasi Web

(Kotretan Wawut-Wawutan 101) 'Ketika Kita Rugi'

Dalam ilmu jual beli ada dogma yang mengatakan bahwa 'carilah untung sebesar² nya dg mengeluarkan modal sekecil²nya". Ini menunjukan bahwa ketika akan melakukan transaksi maka yg dicari itu adalah keuntungan. Jika untungnya semakin besar maka pasti ia disebut hebat, tapi sebaliknya apabila tidak mendapatkan untung alias rugi maka harus dipertanyakan 'buat apa melakukan transaksi' yang akhirnya akan berujung pada kebangkrutan. Maka tidak jarang penjual melakukan segala cara asal mendapatkan keuntungan. bahkan dengan cara yg tdk baik sekalipun. .Mereka berharap dengan mencari keuntungan yg sebesar²nya membuat mereka kaya dan bahagia.

Tapi kenyataannya tdk seperti itu. Ada diantara kita yg bahkan berjualan dengan mengeluarkan uang untuk modal, tdk semata² mencari keuntungan finansial belaka. tapi bersedekah membantu sesama dengan niat ibadah meski tidak mendapatkan untung. Dan anehnya, ternyata mereka tidak jatuh bangkrut bahkan selalu bertambah. Itulah mungkin yg disebut dengan berkah.

Begitupun disaat mengelola suatu organisasi, komunitas, lembaga atau instansi. Ada diantaranya yang berharap ingin mengambil keuntungan atas segala usahanya. Tak ayal, ia akan mencari keuntungan sebesar²nya tanpa peduli keadaan yg dikelolanya. Tapi ada juga yang dengan sukarela bekerja tanpa melihat keuntungan yg didapat, asalkan organisasi/komunitas/lembaga/instansi yg dikelolanya maju meski terkadang mengorbankan tenaga, pikiran bahkan kekayaannya.

Bisa saja ini disamakan dengan guru yang lebih banyak pengeluaran utk uang transport, atk, fc lk atau soal dll daripada pendapatan yg diperolehnya.

Yang manakah yang termasuk hebat? Yang bisa mencari keuntungan? ataukah yg rugi secara finansial?

Mudah²n kita diberi kekuatan dan kesabaran dalam mengelola apapun itu meski tidak mnguntungkan secara finansial. Dan semoga keberkahanlah yang selalu menghampiri kita semua. Amin yra.

Wallohu a'lam bishowab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post