Tonnie H Nugraha

Terlahir di kota BanjarJawa Barat yg mempunyai cita² menjadi insinyur diwaktu kecil dan ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa menjadi guru karena digariskan men...

Selengkapnya
Navigasi Web

(Kotretan Wawut-Wawutan 117) 'Warisan'

Hal yg biasanya menjadi rebutan ketika orangtua meninggal adalah warisan. Jangankan kekayaannya yg melimpah, harta yg sedikitpun terkadang menjadi bahan percekcokan diantara para ahli warisnya. Meskipun sudah ada aturan yg jelas yg diterangkan dalam ajaran Islam atau sudah dibagikan dan diwasiatkan semasa hidup oleh orangtua tapi tetap saja selalu ada masalah yg akan timbul. Tidak jarang terjadi bentrokan, permusuhan atau putusnya persaudaraan bahkan sampai adanya hilang nyawa diantara mereka. Yang diperebutkan tidak lain adalah karena ingin mendapatkan harta yg dimiliki oleh orantuanya dan mereka berusaha ingin mendapatkan bagian yg sebesar²nya.

Apabila kita telusuri, seyogyanya warisan itu tdk hanya berupa kekayaan atau harta yg dimiliki namun bisa juga berupa hutang piutang. Yang sering diperebutkan biasanya adalah hanya warisan berupa harta yg dimiliki belaka, tidak pernah ada yg mau memperbutkan terkait hutangnya. Jika orangtua yg meninggal ternyata mewarisi hutang maka para ahli waris tidak ada yg pernah memperebutkan malah justeru berusaha utk meninggalkannya.

Hal yg sama pun terjadi dalam peralihan kepemimpinan. Lihat saja disaat pergantian presiden atau kepala daerah, Yang mereka wariskan sudah tentu bukan berupa kekayaan, namun hanya sebatas hasil karya atau pembangunan. Tapi yg jelas biasanya berupa hutang, baik utk membangun atau yg lainnya, bahkan bisa menumpuk setinggi gunung. Inilah yg menjadi beban tanggungan bagi pemimpin berikutnya.

Begitupun disaat pergantian kepsek, tdk jarang yg mewariskan hutang yg mengakibatkn kepsek penggantinya bekerja bukan dari nol tapi mulai dari min. Meskipun ada perjanjian atau memori jabatan namun tetap saja itu tdk bisa dielakkan. Guru pun sama, guru yg mengajar ditingkat berikutnya biasanya diwarisi kompetensi siswa atau materi yg tdk tersampaikan oleh guru jenjang sebelumnya. Apalagi jika itu menjadi materi prasyarat, sehingga membuat kerja keras dan pusing guru yg mendpt warisan tsb.

Mudah²n kita bisa memberikan warisan yg baik² kepada penerus kita dan semoga dengan itu dapat memberikan kemudahan dan keberkahan buat semuanya. Amin yra

Wallohu a'lam bishowab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post