Tonnie H Nugraha

Terlahir di kota BanjarJawa Barat yg mempunyai cita² menjadi insinyur diwaktu kecil dan ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa menjadi guru karena digariskan men...

Selengkapnya
Navigasi Web

(Kotretan Wawut-Wawutan 125) 'Akhir Kisah Perjalanan Si Bueuk'

Ketika diberi pekerjaan atau amanah, terkadang terasa begitu berat membebani karena banyaknya masalah yang dihadapi. Apalagi jika amanah itu tdk sesuai dengan apa yang diharapkan atau inginkan. Sementara itu, biasanya selalu dibandingkan dengan takdir orang lain yang terlihat begitu indah dan enak. Disinilah akan muncul prasangka yg kurang baik terhadap yang memberi amanah ataupun Yang Maha Kuasa, Perasaan yg dianggap kurang adil itu akan muncul disaat melihat orang lain seperti santai tdk ada rintangan berat yg dihadapinya. Begitulah manusia yg sudut matanya begitu sempit yg tdk bisa melihat apa yg akan terjdi, hikmah apa yg dialami dlsbg.

Agar prasangka itu tidak muncul dan bisa menjalankan dengan rileks dan enjoy maka perkuatlah pegangan kepada pedoman yg dibuat sang pencipta. Disana dikatakan 'Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya'. Jadi apabila amanah itu terlihat berat sementara yg diberikan kepada oranglain begitu ringan, yakinlah bahwa itu sudah sesuai dengan kadar kemampuan yg dimiliki tiap orang menurut penciptanya. Kemudian tanamkan bahwa 'bersama kesulitan ada kemudahan'. Ini menandakan selalu ada solusi dari setiap rintangan yg membebani. Dengan demikian semua dapat dijalani dengan penuh rasa syukur. Dan suatu saat pasti akan berakhir dan akan lebih baik berdasarkan rujukan bahwa ' yang kemudian (akhir) itu lebih baik bagimu daripada permulaan (awal). Yang mungkin menjadi pertanyaan adalah berapa lama dan kapan itu akan berakhir. Penantian itu tentu saja perlu kesabaran. Karena "Sesungguhnya Allah SWT bersama orang² yg sabar".

Begitulah dalam menghadapi kehidupan, yang pasti selama masih hidup akan selalu bertemu dengan persoalan termasuk menjadi guru atau yg diberi tugas tambahannya.

Mudah²n kita selalu yakin dan berpegang teguh pada pedoman yg dibuat oleh maha pencipta. Semoga dengan begitu dapat menjalani hidup dengan penuh rasa syukur. Amin yra.

Wallohu a'lam bishowab.

THE END.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa. Menginspirasi...

03 Mar
Balas



search

New Post