TOSFAYANA

Guru SMPN 8 Kota Payakumbuh-Sumatera Barat. Dulu aku pernah bermimpi menjadi seorang penulis hebat dan seorang seniman. Tapi aku menjadi seorang guru. Bersama s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Akhirnya Disepakati Sama Mulai Puasanya

Akhirnya Disepakati Sama Mulai Puasanya

Akhirnya Disepakati Sama Mulai Puasanya

Oleh: Tosfayana Mawardi

#Tagur 750

#Tagur 92-2022

.

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu kaum muslimin. Karena bagi yang merindukan akan datangnya Ramadhan maka diharamkan tubuhnya dari api neraka.

Kedatangan Ramadhan untuk memulai puasa dapat diketahui dari dua cara, yaitu dengan metode hisab dan ru'yatul hilal. Hisab adalah dengan cara menghitung rotasi bulan. Sedang Ru’yatul Hilal adalah dengan cara melihat kemunculan bulan secara langsung oleh ahli ilmu falaq.

Kedua metode tersebut sah dalam agama karena masing-masing mempunyai dalil yang syar'i. Yang tidak sah adalah muslim yang ketika orang sudah pada berpuasa dia malah seenaknya saja makan dan minum tanpa dosa di warung-warung kelambu.

Terjadi perbedaan mulai puasa di tahun 2022 M/1443 H ini setelah diumumkan oleh pemerintah bahwa awal Ramadhan dimulai Minggu tangal 3 April 2022 karena kemunculan Hilal masih di bawah 2 derajat. Sedang yang menggunakan metode hisab sudah memutuskan sebelumnya bahwa puasa mulai Sabtu, 2 April 2022.

Namun akhirnya disepakati bahwa sama-sama memulai puasa pada tanggal 1 Ramadhan 1443 H, walaupun harinya berbeda.

.

Barakallah

Semangat beribadah di bulan yang penuh berkah

.

Dangau Literasi-Payakumbuh, 2 April 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat menjalankan ibadah puasa Bapak.

03 Apr
Balas

Terima kasih Bu Sutarti. Sama-sama Bu

03 Apr

Selamat menjalankan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin ya Bapak Tosfayana Baarakallaahu fiik

02 Apr
Balas

Sama-sama Bpk Bens. Matur suwun

03 Apr

Kita terima perbedaan dengan kerukunan yo pak. Salam sehat. Semoga puasa ini lancar semua urusannyo Apak. Aamiin.

02 Apr
Balas

Mantap Chie, memang harus begitu :)

02 Apr

Aamiiin, selamat menunaikan ibadah puasa. Tetap sehat dan sukses sll.

02 Apr
Balas

Sama-sama Bu Rina. Sehat dan sukses kembali

02 Apr

Marhaban ya Ramadhan...

02 Apr
Balas

Sama-sama Bpk Siswandi, selamat berpuasa

02 Apr



search

New Post