Toto Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

Saya panggilan toto, lahir di kec. Babakan Kab. Cirebon Prov. Jawa Barat. SD, SMP dan SMA di Cirebon. Kuliah D3 di UI, S1 di UNJA dan S2 di UMS. Ngajar ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mendaki gunung salak

Mendaki gunung salak

Mendaki gunung salak

Hari sabtu merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh sekumpulan mahasiswa program HMPD. Komunitas pecinta alam, yang dikomandoi oleh Bang Zaen selaku ketua rombongan, akan mengadakan perhelatan pendakian.

Gunung salak merupakan tujuan utama yang akan didaki. Gunung ini berada di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Tingginya sekitar 2.211 meter di bawah permukaan laut (Mdpl), tetapi memiliki medan berupa bebatuan dan lembah yang curam. Perlu tenaga ekstra untuk mendakinya.

Peserta yang ikut bukan hanya rombangan mahasiswa tingkat satu saja, tetapi kakak kelas juga ikut serta dalam pendakian ini. Kimoy dan Engkus, selaku mahasiswa tingkat dua juga ikut bersama timnya Bang Zaen.

“Zaen, aku sama kimoy posisi belakang ya, jagain teman-teman pemula,” kata Engkus, minta ijin sama ketua rombongan.

“Yoi, elu pade jadi tim sapu jagad. Jangan lupa perlengkapan medisnya elu bawa, ye,” kata Bang Zaen, memberi instruksi pada tim sapu jagad.

“Cek rombongan Zaen, berapa personil yang berangkat?” tanya Engkus.

“Jumlah seluruhnya yang ikut ada lima belas Bang Zaen, personil pemula ada lima, Alif, limin, Faiz, wahib, dan Setyo. Semuanya mahasiswa tingkat satu,” kata Fikar, selaku asisten bang Zaen.

Rombongan berangkat menuju wilayah Bogor, ada tiga mobil yang membawa mereka ke Kabupaten Bogor. Di sepanjang jalan menuju Bogor bang Zaen selalu membikin pendengar tertawa terpingkal-pingkal, dengan humornya yang piawai, maklum masih ada kerabat dengan pemilik lenong rumpi, sehingga suasana menjadi meriah.

Ada beberapa jalur pendaki gunung salak, yaitu Cimelati, Cidahu, Pasir Reungit dan Javana Spa. Cidahu merupakan jalur yang paling populer, medannya jelas atau tidak samar-samar dipenuhi tumbuhan dan cukup sukar. Javana Spa masih dalam kawasan jalur Cidahu, pintu masuknya tidak ada plang. Jalur Pendakian ke Puncak Salak, tapi patokannya ada resort Javana Spa ambil kiri, medan yang ditawarkan cukup mudah dan cepat sampai ke Pos Bajuri. Rombongan Bang Zaen akan masuk melalui jalur Cidahu.

Rombongan pendaki sudah memasuki wilayah Bogor, sebentar lagi sampai di pintu masuk pendakian. Kendaraan di parkir di tempat yang biasa pendaki menitipkan kendaraannya, di wilayah pintu masuk untuk mendaki.

“Ayo teman-teman, barangnya diturunkan semua. Nanti kita akan istirahat sebentar di warung makan, untuk isi bahan bakar. Kalau ada yang ingin bawa bekal, pilih yang ringan dan awet, tidak cepat basi. Jangan lupa persediaan minum yang banyak,” kata Fikar, memberikan aba-aba pada rombongan.

“Alif, rombongan elu di cek satu-satu ye, siape tahu ada yang sakit!” seru Bang Zaen ke Alif.

“Oke Bang, siap melaksanakan tugas. Kira-kira mendakinya pukul berapa, Bang Zaen?” tanya Alif.

“Sekitar pukul lima sore kita naik gunung, masih ada waktu satu jam untuk meluruskan badan dan mengisi perut yang belum makan,” kata Fikar.

Alif memeriksa semua teman-teman RPT yang ikut mendaki. Faiz, Limin, Wahib, dan Setyo sudah siap dengan perlengkapannya masing-masing. Setelah di cek kondisi kesehatannya, alhamdulillah semuanya dalam kondisi prima.

“Perhatian teman-teman, sebelum naik gunung harus tahu dulu medan yang akan kita hadapi. Saat hujan turun biasanya jalur yang kita lalui menjdi aliran sungai. Hal ini berbahaya menimbang jalan bebatuan menjadi licin. Apalagi saat kondisi menuruni tanjakan terjal, tidak hanya memegang tali dengan kuat tapi menapaki bebatuan juga harus lebih hati-hati,” kata instruktur pendaki gunung salak, memberikan arahan kepada pendaki.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih bu euis dan bu safiroh salam literasi dari klaten

20 Oct
Balas

Kereen pak Toto....salam sehat dan sukses selalu

01 Aug
Balas

woow ... climbing, nice challenge.

01 Aug
Balas



search

New Post