TrianaKanthi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PENERAPAN TAO TEACHING GAME UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 SAPURAN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Guru Cesdas.. Guru Kreatif.. Guru Cantik Karna Karya

PENERAPAN TAO TEACHING GAME UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 SAPURAN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

kanthi wati, triana. 2018. Penerapan TAO Teaching Game untuk Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Sapuran Wonosobo Tahun Pelajaran 2017/2018. Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Mata Pelajaran bahasa Jawa. SMA Negeri 1 Sapuran, Wonosobo.

Kata kunci : TAO Teaching Game, Prestasi Belajar

Masih rendahnya prestasi hasil belajar Bahasa Jawa pada kompetensi apresiasi seni pertunjukan wayang siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Sapuran akan diatasi dengan mengadakan perbaikan proses pembelajaran melalui penerapan TAO Teaching Game. Diduga dengan penerapan pembelajaran ini, akan diperoleh prestasi belajar siswa yang lebih baik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Jawa siswa Kelas XI MIPA 3 pada kompetensi apresiasi seni pertunjukan wayang. Secara khusus tujuan yang diharapkan adalah dengan menerapkan TAO Teaching Game akan tercapai prestasi hasil belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 78% dengan kriteria baik.

Penerapan pembelajaran TAO Teaching Game diyakini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, karena proses pembelajaran dilaksanakan dengan keterlibatan siswa secara penuh dalam permainan TAO board, yang menyebabkan siswa diajak belajar aspek seni pertunjukan wayang secara berulang lewat kelompok belajar yang serius dan menyenangkan. Sehingga diharapkan dengan praktek TAO Teaching Game prestasi hasil belajar siswa XI MIPA 3 akan mengalami peningkatan.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan deskripkif kualitatif. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas XI MIPA 3. Data dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Rencana penelitian akan dilaksanakan pada bulan Februari - April 2018 semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan 2 siklus, setiap siklusnya 3 pertemuan dan tiap pertemuan 2 jam pelajaran (2 x 45 menit).

#Sinau Nulis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa ibu

25 Apr
Balas

Makasih..

25 Apr

Guru Cesdas.. Guru Kreatif.. Guru Cantik Karna Karya #SinauNulis Mantap

25 Apr
Balas

Matur nuwun dhi.. ayo sinau

25 Apr

amazing

06 Mar
Balas



search

New Post