Tri Darmanto

Berpetualang dengan mengunjungi banyak tempat membuat kita belajar banyak hal. Selain menaklukkan gunung dan mencicipi makanannya, saya belajar tentang kebijaks...

Selengkapnya
Navigasi Web

Keterlibatan Masyarakat

#tantanganmenulis116

Keterlibatan Masyarakat

Kami belum hendak beranjak dari kedai kopi ini. Malam pun baru dimulai. Gerimis biarlah berjatuhan, malah menjadikan suasana tidak terlalu panas. Isi cangkir kopiku masih setengah, hangat tersisa. Aku memilih memesan imo (ketela) rebus sebagai panganan. Bu Camelia dan suaminya memilih memesan takoyaki.

"Anak-anak, bu Camelia dan bapak kan sudah tidak ada yang bersekolah di shou gakkou (SD) itu. Mengapa kalian masih aktif membantu di sana?" Tanyaku mengalihkan pembicaraan. Beberapa kali aku berkunjung untuk kegiatan sister school di sebuah SD, bu Camelia selalu ada. Padahal usia beliau sekitar 60an tahun. Mustahil masih punya anak usia shou gakkou.

"Ya benar, sensei. Kami sudah tidak punya anak usia SD. Anak-anak kami sudah dewasa semua. Ada yang tinggal di Tokyo. Ada juga yang memilih tinggal di Indonesia, negara asal mamanya. Kami berada di sana sebab kami peduli terhadap pendidikan. Kami diberi wadah untuk bisa terlibat. SD itu senang menjalin hubungan sister school dengan sekolah asing di Jepang. Salah satunya sekolah sensei. Saya dimintai tolong untuk menjadi jembatan. Mereka tahu saya berasal dari Indonesia. Tugas utama saya ya mengajari mereka belajar tentang Indonesia. Khusunya bahasanya."

Tokyo/26 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post