Tri Darmanto

Berpetualang dengan mengunjungi banyak tempat membuat kita belajar banyak hal. Selain menaklukkan gunung dan mencicipi makanannya, saya belajar tentang kebijaks...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sebab Kekalahan Perang Dunia

#tantanganmenulis115

Sebab Kekalahan Perang Dunia

"Terus apa sebabnya, bu?" Saya menelisik sambil menunggu pesanan kopi saya datang. "Setelah menelan kekalahan pahit pada perang dunia kedua, negara ini hancur. Kacau balau. Menjadi miskin. Mereka harus bekerja keras mengatasi keadaan. Semangat mereka terus saja membara. Membangun lagi negara dari titik nol."

Kaca jendela kedai kopi ini berembun. Gerimis tidak mau reda dari tadi siang. Titik-titiknya tempias di jendela. Aku kurang jelas melihat lalu lalang orang di jalan. "Saat itu, mereka memaksa diri sendiri mengerjakan segala hal. Tidak ada biaya yang dimiliki untuk membayar pekerja. Membersihkan halaman dari rerumputan seperti diajarkan di SD yang bulan lalu sensei kunjungi itu. Mengelap westafel. Bahkan membersihkan lubang toilet dilakukan sendiri."

Aroma kopi pesanan saya akhirnya datang juga. Menyeruak memenuhi indera penciuman saya. Wanginya membuat harum ruangan kedai mungil ini. "Setelah melewati masa-masa sulit. Mereka akhirnya bisa bangkit kembali. Menjadi negara yang disegani lagi. Kebiasaan masa lalu itu mereka anggap sebagai budaya yang baik. Makanya diteruskan. Diajarkan juga kepada anak-anak di sekolah. Kemandirian. Kemandirian yang membawa pada kemajuan." Aku menyeruput kopi hitamku.

Tokyo/25 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kemandirian membawa kepada kemajuan. Setuju, Pak. Keren. Semoga sukses selalu.

25 Sep
Balas



search

New Post