Tri Endang Kustianingsih

Tri Endang Kustianingsih, lahir di Balikpapan 41 tahun yang lalu. Bekerja di Dinas Pendidikan Kota Surabaya....

Selengkapnya
Navigasi Web
MIE AYAM ALA DAPUR MAMA

MIE AYAM ALA DAPUR MAMA

Setiap kali melihat iklan di televisi yang mempromosikan sebuah produk mie instan dengan penyajiannya yang menarik, membuat siapa saja akan tergoda untuk membelinya. Setelah itu tentunya akan mengeksekusi di rumah dengan berbagai cara. Masakan mie memang selalu menjadi makanan favorit siapa saja. Selain rasanya sedap cara membuatnya pun mudah. Tapi kali ini saya ingin mencoba untuk membuat mie ayam made in dapur mama. Tentu mie yang digunakan berbeda dengan mie instan. Supaya tidak terlalu lama mie dapat kita beli di supermarket. Kemudian ayamnya gunakan yang sudah di fillet agar mudah memotongnya menjadi dadu kecil-kecil. Bumbu ayamnya supaya lezat saya racik sendiri. Ada bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, sedikit merica, jahe, kunyit, serai. Semua kita haluskan. Setelah halus bumbu di goreng dengan minyak sedikit, sampai harum barulah dimasukkan ayam beserta air secukupnya. Lalu tambahakan penyedap rasa dan kecap manis. Masukan potongan daun bawang. Tunggu sampai matang. Sebelumnya saya sudah menyiapkan minyak bawang untuk membumbui mie yang telah direbus. Cara membuat minyak bawang ini, pertama-tama bawang putih dicincang kemudian digoreng pada minyak panas secukupnya, supaya gurih bisa ditambahkan kulit ayam digoreng bersama bawang putih. Setelah wangi dan bawang berwarna kecoklatan angkat lalu pisahkan minyak bawangnya. Selain bumbu wajib tadi saya juga sudah merebus sayurannya. Di sini saya memakai kailan. Sayur kesukaan saya. Kailan adalah sayuran dengan bentuk daun dan batang yang datar dan tebal. Memiliki batang pendek dan memiliki warna yang lebih gelap seperti warna brokoli yang pekat, makanya Kailan sering disebut sebagai "Chinese Broccoli". Terakhir baru saya rebus mie pangsitnya dengan air mendidih. Lalu ditiriskan. Siapkan mangkuk dan masukan minyak bawang dan sedikit kecap asin. Mie diaduk bersama minyak bawang dan kecap asin. Selanjutnya tambahkan ayam dan sayur kailan di atas mie. Nah mie ayam pun siap disantap... Yummy.....mie ayam ala dapur mama mantul seperti itu kata anak saya menamai masakan mamanya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post