TRIGINA NOVA YOLANDA

menjadi ibu yang dirindu itulah cita citaku,menjadi guru yang menginspirasi itulah keinginanku Guru biasa disekolah biasa,dengan siswa yang luar biasa...

Selengkapnya
Navigasi Web
Program Upgrade dan Update Ilmu Lewat Webinar

Program Upgrade dan Update Ilmu Lewat Webinar

Reportase Webinar ke -2

Selama masa pandemi virus covid 19 ini, sesuai anjuran pemerintah untuk bekerja dari rumah maka sayapun mengikutinya. Saat ini program sekolah saya adalah pesantren ramadhan dan saya bertugas untuk mengkoordinir pelaksanaan pesantren ramadhan ini secara online dari rumah.

Selain fokus ibadah untuk menambah tabungan akhirat lewat program ibadah dirumah bersama keluarga,saya juga mempunyai program untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan saya sebagai seorang guru.

Salah satu program upgrade dan update ilmu saya adalah dengan mengikuti seminar-seminar online salah satunya adalah dengan mengikuti webinar yang diadakan atas kerjasama Media Guru dengan Provider Indosat.

Webinar ke-2 kali ini mengambil tema “Berkarya di Tengah Corona”. Sungguh sebuah tema yang bisa membuat siapa saja bertanya-tanya dan pasti ingin mengikutinya.

Dan benar saja, webinar 2 ini bisa dibilang “keren menewen”. Sangat memotivasi dan menginspirasi guru-guru yang sempat mengikuti jalannya acara. Sebab selain sang moderator yang sangat tegas dan lugas dalam memandu acara, juga hadir guru-guru hebat sebagai pembicara dalam acara tersebut.

Acara dibuka oleh moderator sekaligus CEO media Guru Indonesia dengan memaparkan program-program yang diadakan oleh Media Guru seperti pelatihan mengubah KTI menjadi buku dan lomba-lomba menulis setiap bulannya.

Selanjutnya acara diisi oleh Keynote Speaker Bapak Hamid Muhammad, Plt Dirjen PAUD dan Dikdasmen Kemdikbud. Pada kesempatan itu beliau menyampaikan hasil survei mengenai pembelajaran daring yang telah berlangsung sejak pandemic covid-19 menghampiri Indonesia.

Intinya beliau mengkategorikan ada dua jenis guru selama masa pandemic,yaitu guru online dan guru semi online. Dari pembicaraan beliau saya tangkap bahwa kita sebagai guru selayaknya meningkatkan keterampilan dalam bidang IT agar pembelajaran online menarik dan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran.

Selanjutnya webinar diisi oleh pembicara yang juga merupakan direktur Indosat Ooredoo, Bapak Arief Mustain. Beliau menyampaikan materi mengenai Digital Talent Challenges, sebuah tantangan di masa kini agar kita siap menghadapi zaman yang serba digital.

Sesi terakhir diisi oleh empat pembicara hebat,penulis-penulis buku keren alumni kelas menulis Sagusabu yang mampu menhipnotis peserta dengan motivasi yang mereka sampaikan. Mereka adalah :

1. Suhud Rois, penulis,editor dan guru di SD Peradaban Insan Mulia,Cimahi

2. Hj.RismalasariS.Pd,MM, Kepala SMPN 7 Cibungbulang Bogor

3. Yudy Aryanto

4. Irwanto,S.Pd,M.Pd guru MAN kota Pariaman, Sumatera Barat.

Dari ketiga pemakalah tersebut saya mengambil pelajaran bahwa menulis setiap hari adalah kunci untuk menghasilkan sebuah buku.

Disela-sela seminar agar peserta tidak bosan, Bu Pipit dari Indosat memberikan kuis kepada peserta menggunakan Aplikasi Quizizz.

Sebuah aplikasi yang sangat menarik digunakan dalam pembelajaran. Aplikasi ini yang menjadi salah satu bahan kajian dalam Best Practice yang menghantarkan saya terpilih sebagai peserta dalam Simposium Nasional Guru IPA tahun 2019 lalu di jakarta.

Bagi yang belum sempat mengikuti Webinar 2 ini dapat mengaksesnya di Youtube Media Guru.

Demikianlah reportase webinar 2 versi saya.

Salam Inovasi,jangan lupa mengaji.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu.

19:03
Balas

Makasih bu

07 May

Mantap reportasenya. Saya baru ikut di webinar 3.

04 May
Balas

makasih Ibu....sampai ketemu di Webinar 3 ya bu...

04 May

Mantap bu...bagi2 info

27 May
Balas



search

New Post