Tri Hastari SSB

Tri Hastari Sukanti Sarwi Bekti nama lengkapnya. Lahir di Lumajang, 03 Juli 1967. Anak ketiga dari pasangan M.Tjokrosoewignjo (almarhum) dengan Sundari. TK,SD,S...

Selengkapnya
Navigasi Web
HUTAN PINUS PONCOKUSUMO

HUTAN PINUS PONCOKUSUMO

Lumajang,04/01/2024. Lumajang merupakan daerah yang pernah menjadi salah satu penyanggah lumbung nasional di era orde baru. Hal ini tidak aneh karena geografisnya yang dekat dengan gunung berapi Semeru menjadikan lahan-lahan di wilayah selatan subur dan cenderung mempunyai areal pertanian dan hutan yang sangat subur dan cukup lebat. Tidak heran kalau salah satu kawasan hutannya juga masuk areal TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru),

Dengan kondisi yang seperti itu bisa dipastikan bahwa Lumajang punya kondisi alam yang dipastikan indah sejuk dan indah. Maka tak terbilang loka wisata Lumajang yang sudah diketahui masyakat lokal. Antara lain : Bukit Teletubis, Ranu Pani, Ranu Gumbolo, Ranu Regulo, Ranu Pakis, Ranu Bedali, Ranu Klakah, Ranu Lading, Ranu Kembar, Ranu Wurung, Hutan Jati, Kebun Teh dan Kopi, Gunung Ringgit, Gunung Lemongan, Gunung Semeru, Gunung Wayang, Gunung Tambo, Gunung Sawur (tempat pengamatan aktivitas Gunung Semeru), Gunung Tengu, Pantai Bambang, Pantai Watu Pekak, Pantai Wot Galih, Pantai Meleman, Air Terjun Tumpak Sewu, Air Terjun Kapas Biru, Air Terjun Kapas Hijau, Air Terjun Antrukan, Air Terjun Curah Manggis,dsb. Belum lagi yang memang lokawisata buatan dan gabungan dengan alam. Misalnya kolam renang alami Selokambang, Tirtowono, Tumpak Selo, Surojoyo, Tirtosari, Batu Kayu, dsb. Lumajang tidak kalah dengan Bali.

Senduro yang memiliki Pura terbesar dari sisi sejarahnya se-Asia Tenggara merupakan tujuan para umat Hindu Bali untuk berdoa di Pura Mandara Giri Semeru Agung. Bahkan di masa lalu sempat bekerja sama dengan salah satu kabupaten di Bali dalam beberapa hal.

Begitu pula dengan lokawisata yang belum tertangani pemerintah kabupaten biasanya ada komunitas setempat yang mengelola bekerjasama dengan pemerintah desa, Namun tak sedikit pula yang merupakan lokawisata muncul dengan sendirinya karena minat masyarakat, Misalnya saja hutan pinus di desa Ponco Kusumo Sumbermujur kecamatan Pronojiwo ini. Ada aliran sungai kecil di antara barisan phon pinus tersebut sehingga menambah asri untuk tempat istirahat dan bermain air. Karena airnya yang tidak dalam dan jenih serrta mengalir cukup deras sehingga tempat ini menjadi tempat favorit keluarga untuk mengajak anak-anaknya beristirahat sambil bermain. Ayo berkunjung ke Lumajang, Jawa Timur. ***(soe)

Tantangan menulis 30 hari tanpa henti day#15

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa Bunda penuh inspirasi dan mencerahkan

04 Jan
Balas

Mantap ulasannya. Sukses selalu untuk Ibu

04 Jan
Balas



search

New Post