Tri Ismayawati

Seorang guru IPS di SMP 4 Kudus, yang mempunyai hobi membaca dan menulis. Alhamdulillah, dengan tugas tambahan sebagai Kepala Perpustakaan, melihat buku-buku ya...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Demokrasi melalui Pemilihan Ketua OSIS di SMP 4 Kudus
Suasana Pemilihan Ketua OSIS SMP 4 Kudus

Pembelajaran Demokrasi melalui Pemilihan Ketua OSIS di SMP 4 Kudus

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat seperti yang dijelaskan dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 2, bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat, dimana rakyat memiliki sebuah kekuasaan yang diserahkan kepada negara untuk menjalankan fungsinya. Kedaulatan rakyat merupakan ajaran dari demokrasi, kekuasaan berada ditangan rakyat, sehingga rakyatlah yang sepenuhnya memegang kekuasaan negara. Demokrasi dapat berjalan dengan baik jika didukung kesadaran yang memadai dari rakyat, penegakan hukum dan infra struktur yang baik.

Untuk menumbuhkan kesadaran demokrasi yang memadai dari rakyat termasuk generasi muda diperlukan adanya pendidikan demokrasi melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua OSIS SMP 4 Kudus periode 2019/2020 dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh siswa SMP 4 Kudus dengan menggunakan tata cara dan logistik seperti yang digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pemilihan Ketua OSIS SMP Negeri 4 Kudus dilaksanan pada hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2019, setelah berakhirnya masa tugas pengurus OSIS periode 2018/2019. Pada kesempatan ini pemilihan Ketua OSIS SMP Negeri 4 Kudus dirancang sama seperti yang dilaksanakan pada saat Pemilihan Umum beberapa waktu lalu. Mengusung tema pada tahun ini, "Pemilu Raya SMP 4 Kudus, Wujud Nyata Pendidikan Demokrasi Sejak Dini". Tujuannya adalah untuk pembelajaran kepada siswa karena realita di lapangan, masih menggunakan sistem pencoblosan. Pelaksanaan pemilihan ketua OSIS bekerja sama dengan KPU Kabupaten Kudus. KPU meminjamkan bilik suara, kotak suara dan kelengkapan pencoblosan mulai dari tinta, bantalan tinta dan paku pencoblosan.

Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan calon ketua OSIS yang dipilih dari siswa kelas 7 dan 8, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Bertempat di lapangan sekolah, para calon ketua OSIS menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilaksanakan pada masa jabatan 2019/2020 di depan seluruh siswa kelas 7, 8 dan 9. Setelah itu pencocokan dan penelitian Daftar Pemilihan Tetap (DPT) dan membagikan undangan C6 untuk pelaksanaan pemungutan suara.

Pelaksanaan pemungutan suara dibagi menjadi 13 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diatur di lapangan sekolah. Setiap siswa diberikan kesempatan untuk melaksanakan pemilihan calon ketua OSIS. Diharapkan semua siswa menggunakan hak pilihnya dengan baik, sehingga tidak ada kecurangan. Satu persatu siswa pemilih mendatangi TPS untuk mendapat kertas suara, melakukan pencoblosan, memasukkan ke kotak suara dan satu jari ditandai dengan tinta. Kurang lebih 834 siswa telah melaksanakan hak pilihnya. Akhirnya sampai pada saat yang ditunggu yaitu penghitungan suara. Penghitungan suara juga dilaksanakan seperti Pemilu. Setiap calon mengirimkan saksi untuk memantau jalannya penghitungan suara. Pembina OSIS dan panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu ketua OSIS dilakukan secara Luber Jurdil (Langsung, Bersih, Rahasia, Jujur dan Adil).

Pengumuman hasil perolehan penghitungan suara pemilihan ketua OSIS disampaikan oleh pembina OSIS. Apapun hasilnya, pastilah yang terbaik untuk masa depan dan kebaikan SMP 4 Kudus.

Kegiatan pemilihan Ketua OSIS diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS.

Artikel ini tayang di Kolom Guru Menulis, Radar Kudus Jawa Pos, 17 Oktober 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa bunda. Keren reportasenya. Salam kenal dan salam literasi.

17 Oct
Balas

Alhamdulillah, terima kasih pak Mulya. Salam kenal juga dan salam literasi.

18 Oct

Wah keren Bun artikelnya. Pengenalan dan penumbuhan demokrasi sejak dini. Itu SMP depan rumah saya. Semoga selalu sukses, barakallah bunda Tri.

17 Oct
Balas

Alhamdulillah.. Terima kasih bunda Rita.. Aamiinn aamiin yaa robbal alamin..

18 Oct



search

New Post