TRI NINGSIH KURNIAWATI

Tri Ningsih Kurniawati, S. pd., M. Hum. Lahir di Sukoharjo pada tanggal 9-9-71. Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris diselesaikan pada tahun 1996 dari IKIP ...

Selengkapnya
Navigasi Web

LEVEL KOGNITIF

LEVEL KOGNITIF

Pendidik, di dalam menentukan KKO (kata kerja operasional) dalam psnulisan indikator soal sering mendapati KKO yang digunakannya di satu proses berpikir sama dengan KKO yang digunakannya di proses berpikir yang lain. Demi menekan permasalahn ini, Pupendik dalam Kemendikbud (2019) mengklasifikasikan KKO menjadi level kognitif. Pengelompokan level kognitif diuraiakan menjadi Level 1 (Pengetahuan dan pemahaman), Level 2 (aplikasi), dan Level 3 (penalaran).

Level Kognitif 1 mengukur pengetahuan/C1 dan pemahaman/C2. Karakteristik soal Level 1 ini adalah mengukur pengetahuan faktual, konsep, dan prosedural. Kategori Soal pada Level 1 terkadang kategori sukar. Untuk menjawab soal ini, PD harus mengingat beberapa rumus/ peristiwa, menghapal definisi, menyebutkan prosedur melakukan sesuatu. Namun, soal-soal Level 1 bukanlah soal HOTS.

Level Kognitif 2/aplikasi/C3. Di level ini, PD harus menguasai C1. Karakteristik soal ini adalah menggunakan pengetahuan faktual, konsep, dan prosedural tertentu pada konsep lain dalam mapel yang sama atau mapel lainnya dan menggunakan pengetahuan faktual, konsep, dan prosedural tertsntu untuk menyelesaikan masalah kontekstual (situaai lain). KKO yang sering digunakan yaitu: menerapkan, menggunakan, menentukan, menghitung, membuktikan, dan lain-lain. Soal-soal pada Level 2 dimungkinkan termasuk kategori sulit atau sedang, namun demikian bukan termasuk soal-soal HOTS.

Level Kognitif 3/penalaran/C4. C5. C6. Level ini merupakan level HOTS. Karakteristik soal ini mwnggunakan penalaran dan logika tinggi untuk mengambil keputusan, memprediksi dan refleksi, dan untuk menyusun strategi baru untuk memecahkan masalah-masalah konstekstual (situasi nyata yang tidak rutin). Di level ini, PD harus menguasai Level 1 dan Level 2. Pada dimensi proses berpikir menganalisis/C4 menuntut kemampuan PD untuk menspesifikasi aspek-aspek/elemen, menguraikan, mengorganisis, membandingkan, dan menemukan makna tersirat. Pada C5/mengevaluasi, msnuntut PD untuk menyusun hipotesis, msngkritk, memprediksi, menilai, menguji, membenarkan atau menyalahkan. Pada C6/mengkreasi menuntut PD untuk merancang, membangun, merencanakan, memproduksi, menemukan, memperbarui, menyempurnakan, memperkuat, memperindah dan menggubah. Soal-soal pada lwvel ini tidak selalu merupakan soal sulit. Karakteristik soal pada level ini menuntut PD menggunakan logika/menalar untuk mengambil keputusan (evaluasi), memprediksi dan merefleksi, menyusun strategi baru untuk memecahkan masalah kontekstual/tidak rutin. Selain kemampun di ataa, PD juga dituntut untuk menginterpretasi, mencari hubungan antar konsep, dan kemampuan mentransfer konsep satu ke konsep lain. KKO yang digunakan adalah menguraikan, mengorganisir, membandingkan, menyusun hipotesis, mengkritik, memprediksi, menilai, menguji, menyimpulkan, merancang, membangun, merencanakan, memproduksi, menemukan, memperbarui, menyempurnakan, memperkuat, memperindah, dan menggubah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih bu....

05 Feb
Balas

Bu Triniinggg..I love you..hehehe...syuka tulisannya

05 Feb
Balas

trims Bu..makin mantul

05 Feb
Balas

Samisami. Penting untuk kita selaku pendidik.

05 Feb
Balas



search

New Post