Tri Rahayu Kusumaningrum

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tidur Siang yang Terlewatkan
bobo.grid.id

Tidur Siang yang Terlewatkan

Tantangan Hari ke - 38

#TantanganGurusiana

Tidur Siang yang Terlewatkan

Adanya kebijakan 5 hari sekolah terutama bagi Sekolah Menengah Atas menimbulkan banyak pro dan kontra. Banyak kelebihan dan kekurangan dalam penerapan 5 hari sekolah. Dalam satu minggu berarti ada dua hari libur yaitu Sabtu dan Minggu. Bagi siswa yang orang tuanya bekerja, dua hari libur tersebut bisa dimanfaatkan untuk berkumpul dan berinteraksi dengan keluarga.

Menjalani 5 hari di sekolah tentu terasa berat warga sekolah, khususnya siswa. Dari pagi sampai sore mereka harus berada di sekolah dan mengikuti proses belajar mengajar. Tidak jarang pada jam-jam akhir siswa mulai mengantuk dan kelelahan. Tidak sedikit juga ditemukan siswa ketiduran. Karena padatnya kegiatan di sekolah, siswa tidak bisa lagi menikmati tidur siangnya.

Saat pagi berangkat sekolah, kondisi otak siswa dalam keadaaan siap menerima pelajaran. Siswa lebih fokus pada pelajaran dan lebih mudah memahami sesuatu yang dijelaskan. Saat siang keadaan otak mulai lelah, sehingga siswa akan lebih sulit konsentrasi dan menerima pelajaran. Kondisi seperti ini bisa diatasi dengan tidur siang .

Berikut ini beberapa manfaat tidur siang bagi anak seusia remaja, diantaranya :

1.mengoptimalkan pertumbuhan

Jika rutin beristirahat dengan cara tidur siang, mempunyai kualitas pertumbuhan yang jauh lebih baik dan optimal, dibandingkan dengan anak-anak yang kehilangan waktu tidur siang mereka. Karena hormon pertumbuhan akan bekerja lebih optimal saat sedang tidur siang.

2. meningkatkan daya tahan tubuh

Jika anak remaja kurang istirahat, maka metabolisme tubuh akan terganggu sehingga membuat daya tahan tubuh menjadi melemah. Dengan tidur siang, bisa mencegah datangnya penyakit dalam tubuh.

3. mengistirahat tubuh

Tidur menjadi waktu yang tepat untuk mengistirahatkan organ tubuh dan otak yang sudah lelah dengan berbagai macam aktivitas

4. mengembalikan stamina

Salah satu cara untuk mengembalikan stamina tubuh agar lebih bugar ialah tidur siang. Dengan kembalinya stamina, tentu kita akan jauh lebih aktif dalam menjalankan aktivitas yang selanjutnya, karena energi tubuh sudah kembali optimal

Begitu banyak manfaat dari tidur siang, tetapi karena kebijakan 5 hari sekolah, manfaatnya tidak bisa dirasakan.

Sumber bacaan : http://perankesehatan.blogspot.com/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post