Tri Rahayu Kusumaningrum

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Yang Ditinggalkan  ( Bagian 1)

Yang Ditinggalkan ( Bagian 1)

Tantangan Hari ke - 27

#TantanganGurusiana

Yang Ditinggalkan

(Bagian 1)

Tidak jauh dari rumahku ada sebuah bekas pabrik keramik yang terletak sekitar 200 meter dari Kantor Bupati Belitung. Bekas pabrik ini merupakan pabrik milik PT Keramika Indonesia Asosiasi (KIA) yang pertama. PT Keramika Indonesia Asosiasi (KIA) didirikan pada tahun 1953. Pabrik ini awalnya hanya memproduksi beberapa jenis alat-alat makan dengan kapasitas yang sangat kecil. Namun, mulai 1968, KIA menjadi produsen utama dari keramik dinding yang berkualitas sangat baik (termasuk aksesorisnya).

Ketika pabrik ini masih beroperasi, setiap pagi dan sore sering terdengar suara peluit. Menurut cerita, suara peluit tersebut diperuntukkan bagi karyawan pabrik sebagai penanda masuk dan pulang. Para karyawan PT KIA terlihat kompak dengan seragam baju biru muda dan bawahannya yang berwarna biru gelap.

Namun sayang, pada tahun 1990-an pabrik keramik PT KIA Tanjungpandan Belitung ditutup karena biaya distribusi barang jadi ke pusat penjualan ke Jakarta ternyata jauh lebih besar dibanding kalau hanya mengirim bahan mentahnya saja.

Sampai sekarang pabrik ini tidak digunakan lagi dan dibiarkan begitu saja.

Bersambung . . .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren. Ibuk yang tiap hari lewat dak ngerase tertarik. Lanjuttt..

23 Feb
Balas

Auuu. Itu jaman keramik agik bejaye detanjong

23 Feb
Balas

sayang amat ye.. macam PT. Timah duluk jaye benar skrg gik kenangannye

22 Feb
Balas

Iye, tp PT Timah agik kurus..., kalo ini menakutkan...

22 Feb



search

New Post