Tri Riswakhyuningsih

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBUAT SOAL YANG HOTS

MEMBUAT SOAL YANG HOTS

Membuat soal sudah menjadi pekerjaan guru sehari-hari. Namun, membuat soal yang baik dan dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), bukanlah hal yang mudah. Dimensi HOTS dalam Taksonomi Bloom versi revisi mencakup ranah analisis (analyzing-C4), evaluasi (evaluating-C5), dan kreasi (creating-C6).

Menghadapai rangkaian ujian yang akan dihadapi kelas IX, guru-guru akan disibukkan dengan membuat soal. Oleh karena itu, pada bulan Februaru 2018 di SMPN 2 Subah-Batang-Jawa Tengah, diadakan IHT dengan tema " PENYUSUNAN SOAL HOTS ". IHT diadakan dengan tujuan agar soal yang dibuat sesuai dengan kriteria yang seharusnya dan bersifat HOTS.

Berbekal materi yang terdapat dalam Modul Penyusunan Soal HOTS yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017 dan materi Bedah SKL UN IPA, maka dibuatlah materi presentasi sebagai berikut.

Membuat soal HOTS memang tidak mudah, membutuhkan pemikiran lebih. Tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat guru-guru SMPN 2 Subah. Kesulitan diubah menjadi tantangan yang menyenangkan. Hal ini terbukti dengan dihasilkannya satu set soal Tata Boga yang disusun oleh Ibu Dra. Tri Astuti dengan kategori baik. Menurut beliau, biasanya soal yang dibuat hanya 4 halaman, tetapi sekarang dengan membuat soal yang HOTS, dibutuhkan 14 halaman. Sampai artikel ini ditulis, guru mapel lain sedang berproses untuk menghasilkan soal yang HOTS.

SEMANGAT TEMAN-TEMAN, SEMOGA SUKSES MEMBUAT SOAL YANG HOTS.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Trimksh infonya Bu...Sangat bermanfaat....

17 Mar
Balas

Sama-sama Bu Eliana

22 Mar



search

New Post