Tulus Wijaya

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Gowes di Era Pandemik!
Sumber gambar: https://cantik.tempo.co/amp/876275/ayo-bersepeda-dan-rasakan-tiga-manfaat-terbesarnya

Gowes di Era Pandemik!

Kegiatan bersepeda akhir-akhir ini menjadi trend di masyarakat. Masa pademik virus corona masih belum berakhir dan tidak tahu sampai kapan. Kejenuhan masyarakat menjalani aktifitas di rumah saja dan bekerja dari rumah selama kurang lebih tiga bulan menjadi pendorong masyarakat mencari alternatif kegiatan sehat. Aktifitas bersepeda sering disebut juga gowes adalah salah kegiatan sehat yang dipilih masyarakat untuk mengusir kejenuhan sekaligus berolahraga ditengah pademik. 

Bersepeda merupakan kegiatan olah raga yang dapat dilakukan oleh sebagian besar orang. Selain murah meriah aktifitas besepada dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bersepeda memiliki banyak manfaat yang menyehatkan tubuh jika dilakukan dengan tepat dan teratur. Manfaat kegiatan bersepeda diantaranya dapat menjadi kontrol berat badan, sangat cocok sekali bagi yang kelebihan berat badan dan sedang melakukan program diet. Sama dengan olah raga lainnya bersepeda menggerakan organ tubuh untuk membakar sebagian besar kalori kita yang menghidarkan kita dari kegemukan dan mengurangi resiko diabetes. Pada saat bersepeda pernafasan dan ritme jatungpun terlatih sehingga mengurangi resiko serangan jantung, stroke dan penyakit paru-paru. Pada saat bersepeda kita bisa memilih rute yang menarik seperti area pedesaan, area penggunungan, atau mungkin area pusat kegiatan seperti alun-alun, hal ini selain membuat kita sehat secara fisik juga dapat mengurangi stress.

Dengan banyaknya masyarakat yang melakukan gowes di era pandemik ini, ada beberapa hal penting untuk diperhatikan. Protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona yang masih belum berakhir adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Disiplin untuk menjaga kebersihan dan selalu cuci tangan serta jaga jarak  (physical distancing) juga perlu dilakukan disaat bersepeda berkelompok. Peralatan seperti masker dan handsanistiser juga jangan sampai ketinggalan, kerena ini penting di era pandemik seperti sekarang. 

Keamanan dalam bersepeda juga harus diperhatikan. Dengan banyaknya goweser di jalan sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kegiatan lalu lintas jalan raya. Perlu ada pemahaman berlalu lintas dari para goweser, terutama bagi para pemula tentang keamanan bersepeda di jalan raya. Pentingnya menggunakan pelindung kepala, siku, dan lutut saat besepeda sangat penting untuk diperhatikan untuk keamanan dan keselamatan saat bersepeda. Etika saat bersepeda di jalan raya juga harus dijaga, jangan sampai bergandengan, bergerombol atau ngebut, yang membahayakan diri kita atau pengguna jalan lain. 

Ayo kita bersepeda bersama keluarga agar tubuh kita sehat sambil menikmati keindahan alam sekitar kita. 

Salam Gowes!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Olah raga yg menyehatkan,salam gowes dan literasi pak

07 Jul
Balas



search

New Post