Tuti Haryati

Saya Tuti Haryati, lahir di Jakarta, 16 April 1975. Pemerhati inklusi yang selalu melayani dengan hati, memiliki hobi membaca dan menulis. Pemerhati ini menyele...

Selengkapnya
Navigasi Web
  Konsep WK yang harus difahami  TantanganGurusiana Hari ke 12

Konsep WK yang harus difahami TantanganGurusiana Hari ke 12

Sepertinya sepele materi yang saya sampaikan. Tapi sangat kuat untuk bisa dimengerti. Jauh dari itu bagaimana konsep ini bisa difahami dan bisa dijalankan. Tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Perlu proses pendampingan dan selalu dievaluasi. Bagaimana kita menciptakan kelas yang menyenangkan sehingga siswa dan guru krasan didalamnya. Bagaimana sosok seorang guru yang selalu dirindu kehadirannya. Bagaimana sekolah tetap menjalankan kedisiplinan tanpa ada kebencian dan selalu dirindu.

Penulis menuangkan segala rasa yang ada disekolahnya terhadap perkembangan permasalah kecil yang ada disekelilingnya. Yaitu permasalahan dari sekolah, siswa, guru, orang tua dan masyarakat. Sebelum mengembang lebih jauh. Penulis menentukan topik pada kondisi kelas. Tidak ada kata lain adalah tentang “Wali kelas”.

Di sekolah dasar/sederajat dikenal guru kelas, maka di sekolah menengah pertama/sederajat dan sekolah menengah atas/sederajat dikenal istilah guru kelas. Peran guru wali kelas ini agak lebih spesifik karena melibatkan proses bimbingan secara akademis maupun non-akademis.

Wali kelas harus berasal dari guru yang mengajar di kelas tersebut karena berkaitan dengan fungsinya dalam kegiatan bimbingan. Ditunjuk oleh kepala sekolah melalui prosedur tentu. Penunjukan wali kelas oleh kepala sekolah diawal tahun pelajaran.

Secara struktural sekolah, wali kelas merupakan perpanjangan tangan kepala sekolah dalam mengelola kelas. Jadi, wewenang kepala sekolah sebagai menejer pendidikan di kelas didelegasikan kepada wali kelas.

Salah satunya tugas wali kelas yang sudah sama kita ketahui adalah mengisi raport dan membagikannya kepada siswa. Ini berkaitan dengan tugas wali kelas dibidang administrasi kelas.

Selain memiliki tugas administrasi, wali kelas juga mengelola kelas yang menjadi bimbingannya. Pengkondisian siswa di kelas bertujuan untuk membantu proses belajar siswa agar berjalan seoptimal mungkin.

Wali kelas tidak hanya sekadar menjalankan administrasi kelas, meningkatkan kemampuan belajar, membagikan raport ke wali santri saja. Tapi jauh dari itu, peran wali kelas diantaranya mempelajari, memahami dan mengembangkan karakter siswa menjadi karakter positif secara optimal.

Pendidikan karakter yang sudah diajarkan menjadi wajib untuk dikawal yang diantaranya adalah menghormati guru dan menghargai sesama siswa, disiplin belajar, kreatifitas, budaya dan tradisi akhlaq Rosulullah dan lain sebagainya. Sehingga peran karakter yang terbentuk akan optimal.

Sudah tahukan bahwa Wali kelas sebenarnya orang tua di sekolah?. Orang tua yang mendisaind terkait kebutuhan belajar di dalam kelas dengan melihat perkembangan belajar siswa.

Ada beberapa peras wali kelas di dalam kelas diantaranya adalah : 1) Orang yang dapat mengatasi masalah-masalah yang terjadi di dalam kelas; 2) Orang yang bisa mendiagnosis segala permasalahan siswa di dalam kelas; 3) Orang yang mampu memberikan berbagai pelatihan belajar siswa terhadap perkembangan belajar sehingga tumbuh kesadaran belajar; 4) Orang yang bisa memasukkan sistem Inovasi belajar ke dalam ruang kelas; 5) Orang yang bisa mengkomunuikasikan antara siswa dan siswa, siswa dan guru, siswa dan kepala sekolah dan siswa dan orang tua; 6) Orang yang bisa memasukkan berbagai alternatif kebutuhan kelas terhadap permasalahan yang ada.

#Salamliterasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wali kelas perannya sangat besar karena mereka langsung membina siswa

26 Jan
Balas

Betul sekali bunda... Makanya sebagai pejabat awal yang berperan sangat kental dengan siswa, orang tua adalah wali kelas. Menciptakan mereka siap untuk mengerjakan segalanya dengan optimal perlu diaiapkan lebih awal agar bisa berjalan dengan optimal... Terimakasih

26 Jan

Siiip

26 Jan
Balas

Peran kendali yang dibangun di dalam kelas harus bisa mencerminkan peran kendali pemimpin sebagai wlai kelas. Karena wali kelaslah sebagai ujung tombak keberhasilan di dalam kelas bukan begitu bunda...

26 Jan

Lanjuut Bu...

26 Jan
Balas

Hal utama guru baru harus bs menyesaikan diri menjadi ibu kedua bagi orang tua di sekolah, terkesan berat tapi itu harus dilakukan... Semoga selalu ikhlas dan sabar

26 Jan

Bettuuuul sekali..., jika sudah mengagap mereka adalah anak2 kita Insya Allah akan ikhlas..

26 Jan
Balas

Betul bunda... Sampai pada tataran masalah, maka wali kelas harus tahu duluan dan komunikasi ke orang tua harus segera dikomunikasikan agar segera terselesaikan

26 Jan



search

New Post