Tuti Herawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
AKSI FORHATI PURWAKARTA DI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

AKSI FORHATI PURWAKARTA DI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Menanam Pohon Menanam Harapan Hidup di Masa Depan. Demikian tema yang diusung MD Forhati (Forum Alumni HMI-Wati) Purwakarta dalam giat memperingati dan memaknai Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 pada Jum’at (23/06/2023).

Bersama sembilan organisasi mitra, MD Forhati Purwakarta menggelar giat menanam pohon bambu di kawasan Arboretum Bambu yang berlokasi di Desa Cikopo Kecamatan Bungursari. Area seluas 11.540 m2 ini merupakan ruang terbuka yang diproyeksikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta sebagai area konservasi beragam jenis tanaman bambu. Hingga saat ini, sudah ada 115 pohon dengan 43 jenis bambu dari berbagai daerah, dalam dan luar negeri yang ditanam di sini.

Sembilan organisasi mitra Forhati yang turut berkontribusi dalam giat penanaman pohon bambu yaitu : Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII), Kelompok Kerja Pengawas Pendidikan Agama Islam (POKJAWAS PAI), Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), Himpunan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI), Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI), Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan, Daar El Ilmi dan Pemberdayaan Perempuan PGRI Kabupaten Purwakarta.

Hadir dalam kegiatan ini ketua MW Forhati Jawa barat, Nur Aisah Jamil, CEO Self Learning Institute, Mohammad Irvan Evrizal, sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Sadiyah, kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Ervin Aulia, dan tim Kelompok Kerja Arboretum.

Dalam sambutannya, ketua presidium MD Forhati Purwakarta, Tuti Herawati, menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus kepedulian Forhati terhadap program pelestarian lingkungan hidup yang saat ini terus digaungkan dan diimplementasikan melalui karya-karya nyata oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Salah satunya adalah membangun kawasan Arboretum Bambu. Menurutnya, membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan alam merupakan sebuah misi besar dan menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, Forhati bersama organisasi mitra hadir untuk turut berperan serta. 

Prosesi penanaman pohon bambu dipandu langsung oleh Kang Rizal, sapaan akrab Founder SLI yang juga sebagai inisiator Arboretum, didampingi ketua MW Forhati Jabar dan jajaran pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Sepuluh bibit pohon bambu telah disiapkan oleh Pokja Arboretum dan ditanam langsung secara bergiliran oleh Forhati bersama organisasi mitra.

Bambu Balku (Bambusa Balcooa) adalah jenis bambu hijau yang ditanam oleh MD Forhati. Bambu ini berasal dari India. Batangnya berdiameter sekitar 8-15 cm dengan tinggi biasanya sekitar 16-20 meter. Jenis bambu lainnya adalah  Bambu Pagar Cina  (Bambusa Multiplek ‘Green Hedge’) ditanam oleh DWP Disdik Purwakarta, Bambu Tekstil (Bambusa Tekstilis ‘Gracilis’) ditanam oleh AGPAII dan HIMPAUDI, Bambu Pagar (BambusaTuldoides) ditanam oleh POKJAWAS PAI, PPLIPI, dan PPPGRI, serta Bambu Pagar Kuning (Bambusa Multiplek ‘Alphonse Karr’) ditanam oleh IGRA, IGTKI, dan Daar El Ilmi.

Usai prosesi penanaman acara dilanjut dengan ramah tamah dan makan bersama di bawah rindangnya pepohonan dan sejuknya udara sore di area Arboretum.

 

Salam Literasi!

Semangat Berkarya!

 

Bungursari, 23 Juni 2023

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post