Tuti Herawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU ADALAH JIWA DAN MURID ADALAH BELAHAN JIWANYA

GURU ADALAH JIWA DAN MURID ADALAH BELAHAN JIWANYA

Suatu hari aku ditanya salah seorang guru mitraku tentang kiat suksesnya mengajar. Sejatinya setiap guru pasti menginginkan kegiatan belajar mengajarnya berhasil dan sukses sesuai tujuan yang diharapkan.

Secara teori telah banyak para ahli merumuskan kiat-kiat apa yang harus dilakukan guru dalam mengajar. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian hingga tahap evaluasi. Demikian pula dalam tatanan praktis, beragam upaya implementasi dan pengembangan kurikulum dilakukan sebagai bentuk penguatan terhadap proses pembelajaran.

Namun kenyataannya, apakah semua itu mampu menjadi kunci kesuksesan dalam mengajar?

Saya teringat salah satu hadis Rasululah yang disampaikan guru saya saat di bangku madrasah dulu. Innamal a'malu binniyaat, yang artinya bahwa setiap pekerjaan itu bergantung kepada niatnya. Demikian pula dalam hal mengajar. Jika niat kita mengajar karena cinta, maka akan lahir produk cinta. tapi jika kita mengajar hanya niat bekerja semata, maka akan lahir pula produk kerja semata.

Dalam pandangan saya, guru adalah jiwa, dan murid adalah belahan jiwanya. Dengan cinta kita bisa menyatukan mereka dan bersama merajut makna. Anak-anak kita butuh sentuhan bukan hanya teguran. Anak-anak kita butuh pengakuan bukan hanya perlakuan.

Inilah ruhul mudaris yang menjadi kunci utama kita meraih kesuksesan dalam mengajar. Mari mulai menata kelas kita dengan cinta.

Bangkucinta, 01/01/2021i

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap tulisannya. Lanjutkan

01 Feb
Balas

Terimakasih, pa haji.

04 Feb

Ulasan yang mantul. Setuju Bund. Mengajar dengan cinta. . . Sukses selalu buat Bunda Tuti Herawati

01 Feb
Balas

Terimakasih ... Sukses juga buat Bunda Umi

01 Feb

Yess. Begitu seharusnya.Nikmat dibaca.

01 Feb
Balas

Terimakasih Senang belajar tuk berbagi.

01 Feb

Keren banget bu. Setuju sekali. Mengajar dengan penuh cinta.

01 Feb
Balas

Terimakasih.Barakallaah ...

01 Feb

Keren. Ulasan yang menginspirasi

01 Feb
Balas

Terimakasih

04 Feb

Kereeeennn....salam literasi bund...

01 Feb
Balas

Terimakasih

04 Feb

Terimakasih Sukses juga buat Bunda Umi.

01 Feb
Balas

Keren.bener murid belahan jiwa

01 Feb
Balas

Alhamdulillah. Barakallah

01 Feb

MasyaAlloh Tabarakallah... Tulisan Bu Tuti sangat luarbiasa.. memang betul segala sesuatu itu bagaimana Niat kita awalnya.. Pekerjaan dilaksanakan karena Cinta ,akan menghasilkan Kesuksesan yg sangat luarbiasa... Mantaap bu Tuti...sukses selalu ya say....

02 Feb
Balas

Terimakasih, bu Yani.Sukses selalu

04 Feb

Leres pisan.. sadayana Kesuksesan dengan cinta sareng ikhlas..

01 Feb
Balas

Barakallah

04 Feb



search

New Post