Tuti Purnaningsih

Tuti Purnaningsih adalah putri pertama dari alm. Bapak Mulyono dan Ibu Suratini. dilahirkan di Medan 6 April 1976. Seorang Guru Pendidikan Agama Islam di ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bersamamu inayah aku tetap tersenyum

Bersamamu inayah aku tetap tersenyum

Identitas Yayasan Rumah Anak Sholeh Inayah Bintan.

Nama : Yayasan Rumah Anak Sholeh (RAS) Inayah Bintan

Alamat : Kp. Baru Rt.002 RW.01. Kelurahan Sungai Lekop Kecamatan Bintan Timur

Kabupaten Bintan KEPRI Indonesia.

Telepon : 081276425542-081372080585

Tahun berdiri : 29 Januari 2009

Sejarah Singkat

Salah satu misi yang diusung Islam adalah membebaskan manusia dari belenggu kezaliman dan mengantarkan mereka kegerbang keadilan. Kezaliman dan ketidakadilan menjadi musuh besar islam di sepanjang sejarahnya.

Diantara sekian banyak kelompok yang secara alami adalah kelompok anak yatim, yaitu mereka yang ditinggal mati sang ayah, saat usia mereka belum mencapai usia baligh. Kesengsaraan mereka akan semakin bertambah, bila sang ibu juga menyusul ayahnya menemui sang kholik. Akibatnya anak-anak dari kelompok ini terasingkan dari masyarakat baik secara sosial maupun ekonomi.

Secara jujur bila dila'ah dengan teliti dan seksama banyak anak-anak bangsa yang sebenarnya mempunyai potensi untuk mengembangkan dirinya terhenti. Tidak bisa dipungkiri juga betapa banyak anak-anak bangsa yang terpaksa menerima kenyataan hidup dengan putus sekolah ditengah jalan akibat dari ketidakmampuan ataupun kurangnya rasa tanggung jawab dari orang tuanya. Belum lagi mereka bestatus yatim piatu, mereka yang dilahirkan kedunia ini tanpa memiliki kedua orang tua. ada juga anak yang tak mampu dan terlantar dengan masa depan yang tidak jelas kemana arah tujuannya.

Atas dasar inilah kami hadir untuk membangun sebuah lembaga sosial yang nantinya dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan masyarakat sungai lekop khususnya, Kepulauan Riau pada umumnya. Lembaga ini kami beri nama Yayasan Rumah Anak Sholeh Inayah Bintan (RAS) Inayah Bintan.

Dilihat dari latar belakang bahwa anak-anak merupakan aset bangsa yang tidak ternilai harganya dan akan menjadi penerus perjuangan bangsa nantinya, namun masih banyak sekali anak-anak yang kehilangan perhatian dan sentuhan kasih sayang dari keluarganya sendiri, yang banyak mengalami berbagai masalah sehingga keluarga selalu gagal dalam memenuhi fungsi dan perannya secara baik. Dalam hal ini, penulis beserta suami tercinta ingin mewujudkan kepedulian dalam menanggulangi segala masalah yang ada ini berupa mendirikan sebuah lembaga kesejahteraan Sosial anak yang kami beri nama Yayasan Rumah Anak Sholeh Inayah Bintan yang mempunyai peran penting yaitu sebagai pelayan alternatif yang menggantikan fungsi keluarga yang kehilangan peranannya, sehingga gangguan keluarga tersebut dapat diatasi semaksimal mungkin dan anak memiliki masa depan yang cerah. Yayasan Rumah Anak Sholeh Inayah Bintan ini merupakan salah satu lembaga pengganti keluarga dalam memberikan pelayanan pendidikan informal bagi anak asuh agar mereka dapat mandiri dalam kehidupan di masyarakat.

Kami beri nama Rumah Anak Sholeh Inayah Bintan ini, karena kami menginginkan anak yang diasuh tidak terbebabi dengan tempat dimana mereka tinggal. Semoga dengan nama Rumah Anak Sholeh Inyah Bintan ini, anak-anak asuh kami benar-benar menjadi anak yang sholeh dapat mengangkat harkat dan martabat diri, keluarga, agama, nusa dan bangsa.

Semula lembaga ini kami bangun dengan tabungan sendiri dengan ukuran rumah 400 m x 700 m, lua tanah 1.007 m, tepatnya tanggal 29 Januari 2009.

Untuk mewujudkan semua ini kami dibantu oleh beberapa pejabat yang ada di daerah ini. Bagi kami untuk mencapai cita-cita kemanusiaan kami harus tetap maju. walaupunhambatan selalu dihadapi, dengan kehidupanyang serba memprihatinkan kami mencoba untuk bertahan hidup dengan anak-anak asuh yang pada saat itu berjumlah 8 orang. Hari hari kami lalui dengan satu keyakinan bahwa Allah Swt aka merubah kehidupan kami lyang lebih bai dari sebelumnya.

Diantara bangunan yang kami buat ada ruang masak, ruang makan, ruang nonton tv, kamar tidur putri, makar tidur putra, kantor mushollah, ruang belajar, kamar mandi. Tanpa terasa rumah anak sholeh tealah berdiri dengan rasa syukur pada Allah. Pada tangga 13 Maret 2010 Yayasan Rumah Anak Sholeh Inayah Bintan diresmikan oleh Baoak Bupati Bintan, yaitu Drs. Ansar Ahmad dan wakilnya Bapak Mastur, juga turut serta pejabat-pejabat yang ada di Kabupaten Bintan ini.

Program kerja:tinggi-tingginya pada anak asuh

Program kerja jangka pendekn meliputi: memberikan pendidikan setinggi-tingginya pada anak asuh, melengkapi fasilitas-fasilitas yang diperlukan, dan mengusahakan semaksimal mungkin untuk pendidikan anak yatim dan kaum du'afa melalui donatur-donatur.

Adapun jangka pendek RAS Inayah Bintan ini adalah: membina anak anak yatim serta remaja yang putus sekolah melalui kegiatan-kegiatan bermanfa'at untuk sesama. Menjalin ikatan batin yang erat hubungannya dengan para donatur dan anak-anak yatim. berusaha membuat badan usaha di anyaranya bengkel dan potong rambut yang masih berjalan hingga sekarang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanallah...Niat yang sangat mulia Bu Tuti....

15 Jan
Balas

alhamdulillah segala puji bagi Allah. syukron bunda rini

15 Jan
Balas



search

New Post