Tyas Susilowati

Tyas Susilowati. Motto: Hidup Bermanfaat bagi sesama Senang dan Bahagia adalah energi positif untuk melangkah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Endog Abang Sekaten

Endog Abang Sekaten

Endog Abang Sekaten adalah kuliner unik yang sarat makna. Biasanya penjualnya ibu-ibu yang sudah paruh baya sampai yang sepuh-sepuh.

Mengapa harus warna abang / merah dan harus ditancapkan pada lidi dan bentuknya vertikal?

Ternyata ada filosofi tersendiri, warna abang melambangkan keberanian, dan warna putih pada putih telurnya adalah lambang kesucian jiwa manusia, ditancapkan pada lidi dengan arah vertikal melambangkan hubungan vertikal dengan Allah , Tuhan pencipta alam.

Endog abang menjadi daya tarik tersendiri di pesta rakyat Sekaten Jogyakarta. Pesta rakyat ini dalam rangka memperingati kelahiran nabi Agung Muhammad SAW

Sekaten dilaksanakan tiap tahun pada tg 5 - 11 Rabiul awal. Bamyak prosesi yang dilaksanakan keraton Jogyakarta, yaitu mengeluarkan gunungan yang berisi hasil bumi, menyanyikan gending jawa ciptaan wali songo, diiringi gamelan kyai sekati, serta pembacaan riwayat Nabi Muhammad. Semua adalah dengan tujuan syiar Islam.

Selain acara sakral /inti, raja menghadirkan wahana untuk rakyatnya seperti pesta yaitu adanya pasar malam, agar bisa dinikmati rakyat kecil, tentu dengan pengaturan tarip.yang merakyat.

Wahana hiburan rakyat menghadirkan banyak penjual.makanan khas, nasi gurih, endog abang, ani-ani, dan pecut. Sedang permainan yang ada seperti Ombak banyu, tong setan, ontang -anting dan masih banyak lagi.

Intinya semua rakyat Jogyakarta bersuka ria menyambut kelahiran nabi agung Muhammad SAW, yang nanti diminta syafaatnya di hari kiamat kelak.

Selamat hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Dari berbagai sumber.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aku sukaaaa....sudah lihat sekaten Mbak? Salam sehat dan sukses...barakallah

04 Nov
Balas

He3 sudah, uyel-uyelan tapi tetap ayiik

05 Nov

Kuliner luar biasa. Bunda, berarti endog abang ini, hanya ada pas maulidan ? Tulisan yang informatif. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

04 Nov
Balas

Iya bund, cuma ada ktk Maulidan

05 Nov

Mau dong, sukses selalu dan barakallah

04 Nov
Balas

Monggo bund...endognya pake lipstik hihi

05 Nov

Udah lama tidak liat...mengingatkan mb Tyas,.makasih..barakallohu..sukses always

04 Nov
Balas

Hayo ajak putrane mbk

05 Nov



search

New Post