Tyas Susilowati , M.Pd

Seorang guru dengan dua putra - putri yang beranjak dewasa. Mengawal perkembangan anak-anak dengan berbagai tantangan dan kenikmatan adalah karunia yang l...

Selengkapnya
Navigasi Web
Karenamu, Matematika Terasa Renyah

Karenamu, Matematika Terasa Renyah

Karenamu, Matematika Terasa Renyah

 

Oleh : Tyas Susilowati

 

#Lombatematik#

#HGN2020#

 

‌Matematika bagi banyak siswa adalah momok.  Ketakutan mereka pada Matematika dapat diekspresikan pada hal-hal yang konyol.  Dari tidak masuk sekolah hingga  berpura-pura sakit ketika hari itu ada pelajaran Matematika, tak terkecuali saya. Memang saya lemah pada pelajaran Matematika sejak kecil, walau masih batas wajar , tetapi memang Matematika selalu menguras waktu saya ketika ingin mendapatkan nilai bagus dibanding pelajaran lainnya. Ketika duduk di bangku SD ada hal konyol yang saya lakukan.  Saya sering melihat kalender selama setahun, sebulan, seminggu, hari-hari ketika ada jadwal Matematika , berharap tanggal tersebut adalah tanggal merah. Sikap menghindari Matematika, lucu ya.

 

‌ ‌Ketika duduk di bangku SMP ada perubahan besar pada diri saya tentang pelajaran Matematika. Bertemu bapak guru yang menginspirasi saya. Dengan wajah ganteng, humoris dan dekat dengan siswa.  Beliau adalah bapak Triyanto. Beliau membuka konsultasi klinis dengan siswa-siswanya yang bermasalah, termasuk saya. Salah satu terapinya agar saya menyukai Matematika adalah mau menyisihkan waktu untuk mencintai ilmu tersebut,  tidak boleh bosanan dan tidak boleh berhenti di tengah jalan.

 

‌ ‌Inilah terapinya pada saya.  Setiap pulang sekolah , saya menjemput soal -soal dari beliau, tentunya soal Matematika di buku paket yang tebal.  Setiap hari saya diberi soal 10 buah, untuk dikerjakan di rumah, terlepas benar atau salah mengerjakannya. Besoknya saya menghadap  beliau ketika istirahat  , membahas soal -soal yang saya kerjakan , begitu seterusnya hingga berbulan-bulan. Tanpa terasa, kebiasaan ini menjadi budaya saya. Alhasil saya menyukai Matematika, karena bisa mengerjakan soal-soalnya.

 

‌ ‌Semangat untuk bisa Matematika juga didorong oleh keinginan untuk menjadi dokter saat itu. Cita-cita masa kecil.  Alhasil sekarang menjadi guru IPA.  Terima kasih  pak Triyanto, di tanganmu Matematika yang semula alot bagiku, menjadi renyah seperti kerupuk udang.  Semoga bapak selalu dalam lindungan Allah, sehat dan bahagia bersama keluarga. Selamat Hari Guru , semangatmu dan caramu mendidik menginspirasiku.

‌ ‌ ‌

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah... Keren cerita kenangan bu Tyas. Matematika jadi serenyah kerupuk. Mantap. Sehat terus utk pak Triyanto. Salam utk beliau.

26 Nov
Balas

Alhamdulillah pak, pak Triyanto guru yang luar biasa, ini kami lost komtak pak, baru cari-cari dg teman-teman kontaknya, trims apresiasinya.

27 Nov

Mantaaap Kakak...menginspirasi..Selamat hri Guru..bangkitkan semangat wujudkan merdeka belajar. Sukses selalu Kak... Barakallah..

25 Nov
Balas

Terima kasih dik, selamat hari guru, salam sayang

25 Nov

Sayangnya dulu saya tidak bertemu Pak Triyanto. Hingga Matematika adalah momok bagi saya. Semoga akan lahir Pak Triyanto ... Pak Triyanto yang lain, yang akan memotivasi dan menginspirasi para siswa

27 Nov
Balas

Hehehe...betul bu watik. Ketelatenan beliau yg sulit kita dptkan di guru2 ms kini. Trims hadirnya bu.

27 Nov

Menginspirasi sekali

25 Nov
Balas

Terima kasih pak Gantyo, salam sukses buat bapak

25 Nov

Mantul pengalaman yang berharga,memotivasi dan membuahkan hasil, selamat hari guru MB.tyass

25 Nov
Balas

Terima kasih mbk Binta , selamat hari guru , sukses selalu

25 Nov

Ternyata kisah kita sama ya Bunda

26 Nov
Balas

Hehe...sedih pertama, ttp dg bimbingan guru2 yg luar biasa jd tdk malu banget ya jeng.

27 Nov

Artikelnya keren. Sangat bermanfaat sekali. Semoga siswa lebih betah belajar matematika yg sangat d takuti sebagian siswa.....

28 Nov
Balas

Betul bu, trimakasih. Trims hadirnya ibu, salam sukses

29 Nov

Keren bu, terapinya mantap. Saya juga kurang dalam Matematika. Apalagi gurunya killer. Mungkin kalau ketemu Pak Triyanto bisa jadi renyah seperti kerupuk ya bu...

25 Nov
Balas

Hehe...krupuknya renyak tdk alot bu

25 Nov

Keren bun kenangan indahnya. Barokallah

27 Nov
Balas

Terima kasih bun, salam sukses penuh berkah

28 Nov

Wah, saya juga kurang suka matematika karena gurunya sering gonta-ganti. Keren ceritanya, Bu. Semoga ke depan siswa kita tidak ada yang takut dengan pelajaran matematika lagi.

26 Nov
Balas

Hehe...karena pengin jadi dokter sj bu ,semangat blj matematika dan ktmu guru yang super baik, salam literasi

26 Nov

Matematika itu seperti pare, pahit. Tapi kalau sudah ketemu bumbunya, jadi renyah gurih dan nikmat kalau sudah ketemu bumbunya...

25 Nov
Balas

Hehe...betul pak Imam, stelah ketemu bumbunya bisa ketagihan ya...salam.literasi

25 Nov

Matematika itu seperti pare, pahit. Tapi kalau sudah ketemu bumbunya, jadi renyah gurih dan nikmat

25 Nov
Balas

Keren cerita Pak Triyantonya....sukses selalu

26 Nov
Balas

Terima kasih ibu, salam sukses buat ibu dan keluarga.

26 Nov

Mantab tulisannya bunda. Salam sukses selalu. Selamat Hari Guru

25 Nov
Balas

Terima kasih pak Sukadi, salam sukses, Selamat hari guru,sehat selalu.

25 Nov

Dimana ni tempat tinggal Pak Triyanto, saya ingin belajar bagai mana membuat pelajaran Matematika menjadi renyah, sehingga siswa/I selalu ingin melahap materi pelajarannya. Salam santun

28 Nov
Balas

Hehe...beliau masih aktif pak, masih 2-3 th lg pensiunnya sptnya , tp kami lost kontak, coba sy lacak di grup alumni, trims apresiasinya, salam literasi pak Hery.

29 Nov

Hehe...beliau masih aktif pak, masih 2-3 th lg pensiunnya sptnya , tp kami lost kontak, coba sy lacak di grup alumni, trims apresiasinya, salam literasi pak Hery.

29 Nov

Hehe...beliau masih aktif pak, masih 2-3 th lg pensiunnya sptnya , tp kami lost kontak, coba sy lacak di grup alumni, trims apresiasinya, salam literasi pak Hery.

29 Nov

Dimana ni tempat tinggal Pak Triyanto, saya ingin belajar bagai mana membuat pelajaran Matematika menjadi renyah, sehingga siswa/I selalu ingin melahap materi pelajarannya. Salam santun

28 Nov
Balas

Tulisan yang menginspirasi. Banyak ilmu yang bisa dipetik. Mantap bu Tyas. Sukses selalu... aamiin.

25 Nov
Balas

Terima kasih bu, salam sukses juga buat ibu.

25 Nov

MasyaAllah bu sangat menginspirasi,semangat bu semoga sukses selalu.Selamat Hari Guru Bu Tyas

25 Nov
Balas

Terima kasih Danis sayang, selamat menuju PAS ya say

25 Nov

Banyak cara untuk mengungkapkan terimakasih pada orang yang sudah bisa merubah mindset dari antpati menjadi simpati...salahsatunya tulisan diatas... Ternyata bermodalkan sabar...dekat dengan siswa sosok guru seperti pak TRIYANTO bisa diteladani... Smoga guru guru yang lain bisa meniru sosok pak TRIYANTO...

25 Nov
Balas

Sangat betul pak cahyono, telatennya beliau perlu diacungi jempol, trims hadirnya pak, salam literasi

25 Nov

Pengalaman yang bisa memberikan motivasi bagi siswa supaya seneng dengan matematika

25 Nov
Balas

Betul pak, siswa butuh ketenangan dan arahan , terima kasih hadirnya, salam literasi

25 Nov

tulisan yang istimewa, inspiratif, inovatif dan penuh kreatifitas menjadikan para pembaca pikirannya menjadi lebih hidup...

27 Nov
Balas

Alhamdulillah, maturnuwun pak Arif atas apresiasinya, salam sukses penuh berkah.

28 Nov



search

New Post