Tyas Susilowati , M.Pd

Seorang guru dengan dua putra - putri yang beranjak dewasa. Mengawal perkembangan anak-anak dengan berbagai tantangan dan kenikmatan adalah karunia yang l...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menebang Rasa Malas

Menebang Rasa Malas

Menebang Rasa Malas

*

Pernahkah sahabat merasakan malas yang luar biasa, padahal pekerjaan itu harus diselesaikan segera , kalau tidak mau ada tumpukan pekerjaan, yang ujung-ujungnya kita sendiri yang repot di kemudian hari.

*

Manusia pada hakekatnya bersifat keluh kesah dan malas. Bagaimana menghilangkan kedua rasa negatif tersebut?

*

Seperti hari ini , rasa malasku muncul agak berat, harus mengoreksi dan memasukkan nilai ke daftar nilai tugas anak-anak kelas IX dan VII , empat kelas paralel, dan harus menyiapkan pembelajaran untuk besok pagi.

*

Membayangkan capeknya bikin malas hati. Laptop, Handphone sudah kusiapkan dari semalam, tetapi belum kusentuh sedikit pun sampai pagi tadi pukul 09.00 pagi.

*

‌Akhirnya kujalani sesuatu yang membuat senang dulu. Menyempatkan bertaziah ke rumah sahabat yang lagi berduka. Masyaallah, usai pulang dari rumah duka , semangat untuk bekerja muncul. Kutambah kegiatan yang menyenangkan lagi , belanja sayur dan buah, memasaknya untuk keluarga. Bercengkerama dengan mereka membuat rasa malasku meronta , berganti semangat untuk bekerja.

* ‌ ‌ Memandang tanaman dan mengajak bicara sebentar, menambah daftar kebaikan yang bisa saya lakukan hari ini. Menginventaris kebaikan-kebaikan yang kita jalani, menambah semangat untuk tetap melakukan kebaikan berikutnya.

* ‌

Akhirnya, satu persatu tugas yang tadinya bikin sebel, terurai sudah, dan tidak memerlukan waktu lama untuk menyelesaikannya, setengah jalan , pengajian online ibu-ibu memanggil, pun kujalani dengan baik, berharap sehabis itu saya bisa melanjutkan tugas persiapan mengajar untuk besok pagi.

*

Kebaikan itu bagai virus , yang menyebar cepat pada hati manusia, maka melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia, membahagiakan orang lain adalah virus kebaikan yang siap menulari kegiatan lainnya.

*

Bismillah, Alhamdulillah.

*

Trimulyo, 10 Januari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillaah akhirnya selesai ya Bunda. Berarti memang harus diselingi agar fresh lagi. Hehe..salam

22 Jan
Balas

betul bu, rasa bahagia inilah yang membuat kita bersemangat. nuwun hadirnya bu Riful.

18 Apr

Ternyata kuncinya itu ya bu. Dibawa happy fulu, dikerjakan jadi enjoy. Trims tipsnya bu Tyas

11 Jan
Balas

Hehe...iya pak, jenuh mgkin ya...jd perlu kerjakan yg lain dl pak

11 Jan

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

10 Jan
Balas

Terima kasih pak Dede, salam santun

10 Jan

Ulasan yg keren Bun sukses selalu buat Bunda Aamiin

11 Jan
Balas

Terima kasih bunda inah , salam sukses

11 Jan

Terimakasih untuk tips kerennya bun. Barokallah

17 Jan
Balas

sama2, bu. terima kasih berkenan hadir. salam sukses.

18 Apr



search

New Post