U Layyina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Implementasi Kurikulum Merdeka di SLB

Implementasi Kurikulum Merdeka di SLB

Pelaksanaan kurikulum merdeka memberikan ruang untuk pembelajarqn yqng berpihak pada murid sebab kunci utamanya adalah bagaimana seorang guru dapat memberikan layanan yang berpusat pada anak.

Pada kurikulum merdeka langkah awal yang perlu ditempuh adalah asesmen diagnostik kalau dalam bahasa pendidikan khusus kami menyebutnya asesmen fungsional hal ini adalah upaya untuk memahami murid sehingga rancangan program atau layanan yang akan diberikan dapat mengakomodir kebutuhan murid.

Aspek apa saja yang perlu kita ketahui dalam melakukan asesmen?

Sebelum kita berbicang terkait asesmen, dalam asesmen kita tidak bisa bekerja sendiri karena kita memerlukan informasi dan kerjasama dari berbagai pihak. Seorang pendidik mungkin ahli dalam profesinya tetapi ingat dalam urusan anak tentu orang tua lebih ahli sehingga antara pendidik dan orang tua harus saling bekerja sama dalam memberikan informasi maupun melaksanakan program.

Mari kita lihat gambar berikut ini

Ada banyak aspek yang perlu kita perhatikan untuk memahami murid

1. Identitas anak

2. Tahap perkembangan anak

3. Hal yang disuka dan tidak disuka

4. Lingkungan tempat anak tumbuh

5. Kemampuan dasar

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

18 May
Balas



search

New Post