ULFA WAHYUNI, S. Pd.I.

Anak ke tiga dari empat bersaudara ini Lahir di Langsa Aceh Timur, menempuh kuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2004-2008. Saat ini aktif mengajar d...

Selengkapnya
Navigasi Web
Anak Adalah Investasi

Anak Adalah Investasi

Tantangan Hari ke -80

#TantanganGurusiana

Oleh: Ulfa Wahyuni, S.Pd.I.

            Kata investasi berkaitan erat dengan uang atau keuntungan. Menurut KBBI V daring investasi adalah penanaman uang atau perusahaan atau proyek untuk memperoleh keuntungan. Secara umum investasi adalah upaya penanaman modal  untuk memperoleh keuntungan.

            Anak adalah bagian dari orang tua. Kasih sayang orang tua yang melimpah pada anak – anak mereka tak dapat diungkapkan dengan kata – kata. Orang tua melakukan berbagai sikap dan tindakan sebagai bukti kasih – sayang  pada anak – anak mereka. Tindakan – tindakan tersebut dapat berupa memberi hadiah, menuruti keinginan anak dan lain sebagainya.

            Islam mengajarkan bahwa anak adalah investasi dunia dan akhirat bagi orang tua. Sebagaimana pengertian investasi sebelumnya bahwa investasi diawali dengan penanaman modal. Modal yang harus dikeluarkan orang tua adalah pendidikan yang sesuai dengan  ajaran Islam.

            Pendidikan anak harus dimulai dari keteladanan orang tua. Anak menganggap orang tua sebagai sosok yang sempurna untuk dijadikan pedoman. Perilaku orang tua disengaja atau tidak akan tercermin dalam sikap dan perilaku anak. Sebagai contoh nasehat yang orang tua sampaikan pada anak di usia balita dapat orang tua dengar dari mulut anak saat mereka berusia di atas lima tahun. Layaknya kaset kosong anak merekam semua yang di dengar dan di lihat. Sampai pada waktunya anak akan mengeluarkan apa yang didengar dan dilihatnya dalam bentuk kata- kata atau tingkah laku.

            Penanaman pendidikan Agama Islam pada anak adalah kewajiban orang tua. Sehingga kelak Islam menjadi jalan hidup yang tak terlupakan bagi anak saat ia dewasa. Pendidikan Islam yang orang tua tanam tak akan pernah habis. Saat orang tua menua anak berbakti bukan untuk membalas budi tapi karena menuruti perintah ilahi.

WaAllahu’alam.

Tanjung Emas, 03 April 2020                                                          

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pelihara jasmani dan rohani mereka. Tulisan ini mewakili perasaan dan keinginan setiap orang tua muslim.. salam superr

04 Apr
Balas

Keuntungan investasinya adalah sorga

05 Apr
Balas

Keuntungan investasinya adalah sorga

05 Apr
Balas



search

New Post