Ulil Amri

Suami, Ayah 2 anak, Guru di Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), KSA....

Selengkapnya
Navigasi Web
Indonesian Sumatra
#writing #sumatra #malay #Indonesia

Indonesian Sumatra

Negeri ini, sejak masih bernama Perca hingga sekarang telah melahirkan begitu banyak sastrawan, pujangga, wartawan.

Alamnya yang indah mempesona, budayanya yang beragam, sejarahnya yang gemilang memberi inspirasi tak bertepi.

Pergilah ke Selatan, Pulau Emas yang dihuni suku-suku kanibal. Begitulah petuah orang-orang negeri di atas angin pada anaknya yang memutuskan menjadi pelaut, para pengelana. Ibn Batutah , I-tsing, Magellan... Mereka menuliskan dalam catatan pribadi mereka: Andalas, Moloyu-Sanfotsi, Sumatra(Samudra).

Negeri yang melahirkan manusia-manusia mulia bertekad baja: Cut Nyak Dhien, Syaikh Abdullah Singkil, Sisingamangaraja, Tuangku Imam Bonjol, Tuanku Nan Renceh, Sultan Taha, Hang Tuah, Dapunta Hyang Jayanasa, Pu Adityavarman, Putri Gading Cempaka.

Negeri cendekia, negeri yang tengah bangkit menata jati dirinya. Duhai Harimau yang sedang tidur, bangunlah.. Teriakkan aumanmu ke dunia. Agar anak cucumu kelak tidak menerka kehidupannya dari prasasti belaka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

"Negeri cendekia, negeri yang tengah bangkit menata jati dirinya." Itulah Sumatra.

24 Aug
Balas

Setuju, Pak Yudha

29 Oct

Negeri yg makanannya enak2 ada rndang, Pempek, Ikan bumbu kuning, Mie aceh, Dll hehehe T. O. P deh... Aku ingin pergi kesana... Btw uda ulil itu gambar yg dibawah itu candi dimana? Keren bgt

25 Aug
Balas

Itu Replika candi Muaro Jambi zaman dulu... Saat ini sebagian besar sudah runtuh dimakan usia... Caknyo dulu candi tu macam nilah..

26 Aug

Oh.. Gtu, Makanya kok perasaan ga ada spt itu skr Di kita mah, Btw itu spt candi2 di muangthai

26 Aug
Balas

Memang mirip. Di Sumatra pada zaman dahulu beragama Buddha. Tinggalan Hindu tidak banyak.

29 Oct

Betul bang.. Salam buat semua guru Indonesia di Kinabalu.

24 Aug
Balas

Itu reka ulang /fotoshop dari diskusi sejarawan di fb.. Karena aliran agama pra Islam di Sumatra Buddha, jd mirip arsitektur nya dg di Thailand. Tp beda kok, yg di Muaro Jambi dari Bata.

26 Aug
Balas

Lebih jls nya Sahid Agus punya di foto2x fbnya... Katanya kompleks percandian tsb ratusan hektar, hrs bersepeda kita mengelilinginya. Dulu Muaro Jambi merupakan pusat studi (universitas) tempat belajar agama Buddha selain di India. Di era Sanfotsi. Itsing pernah belajar bbrp bulan di sini. Mau ke sana? Saya jg mau

26 Aug
Balas

Yg di India Nalanda kalo ga salah

27 Aug
Balas



search

New Post