Umi Fadilah, SE

Umi Fadilah, SE. Guru di MTsN 5 Tulungagung. Mengajar mata pelajaran IPS. Mencoba belajar menulis di media ini sebagai usaha mengasah kemampuan diri. Semo...

Selengkapnya
Navigasi Web

Catatan Hati

Kegiatan belajar mengajar di rumah, awalnya adalah satu hal yang wow. Tentu ada rasa senang. Jujur. Bisa mengerjakan tugas dari rumah, belajar dari rumah, bisa “disambi” ngawasi atau ngerjain pekerjaan rumah. Pokonya ada rasa yang berbeda.

Ketika belum pandemic melanda seantero jagat raya ini, kegiatan rutin yang harus dijalani dari Senin sampai Sabtu, berangkat pagi pulang sore, nyampek rumah masih harus kerjain tetek bengek. Ditambah lagi minggu ada pertemuan keluarga besar atau arisan. Sungguh meremukkan hati dan tulang. Impian ada bonus libur disela waktu tugas, mungkin hanya ilusi.

Begitu ada pengumuman WFH, jujur seneng lho. Dari seneng…..berkurang dikit…berkurang dikit…..jadi senengnya biasa aja. Atau bahkan jadi melelahkan. Gangguan system telekomunikasi, waktu bekerja yang tak terbatas karena alasan toleransi pada siswa, sungguh menguras pikiran dan tenaga. Belum lagi mendengar usilan tetangga yang bilang kami para guru makan gaji buta. Ndak kerja tapi gajian. Bikin tambah capek hati.

Gurunya tidak lelah mencari inovasi pembelajaran agar siswanya tetap semangat, tapi sebaliknya para siswa dan orang tua mulai booring. Belajar online menjadi tidak wow lagi. Berkurang daya tariknya. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan. Mungkin yang paling bijak adalah sama-sama cooling down. Atau istilahnya ice breaking. Pendinginan. Sama-sama mendinginkan kemauan, mencari celah bahagia diantara suntuk dan rumitnya belajar online. Sebab bagaimanapun juga, pendidikan ini bukan bidak catur, mengalahkan untuk menang. Tapi pendidikan kita adalah pendidikan karakter. Ada strategi tapi harus ada hati.

Semoga bapak ibu guru dan seluruh siswa Indonesia tetap semangat, dan bersama-sama berdo’a semoga wabah ini cepat berakhir.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kalau bosan online gunakan kombinasi daring dan luring bu Zona hijau sdh bisa tatap muka lho bu

24 Aug
Balas

alhamdulillaah kami masih zona kuning. mhn doanya segera jadi hijau

24 Aug

Aaaamiin ya rabbbbbbb..

24 Aug
Balas

Anak saya juga udah mengeluh bosen daring.Semoga corona cepet berlalu ya allah. Tetep semangat.

24 Aug
Balas

Aamiin Ya Robbal 'alamiin

24 Aug

Sabar bu! jopa-japu sapu jagat, corona ndang minggat1

24 Aug
Balas

amiin...apalagi sapunya dari Jabalsari

25 Aug



search

New Post