Umi Fadilah, SE

Umi Fadilah, SE. Guru di MTsN 5 Tulungagung. Mengajar mata pelajaran IPS. Mencoba belajar menulis di media ini sebagai usaha mengasah kemampuan diri. Semo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kenangan Masa Kecil Membaca Bersama Abah

Kenangan Masa Kecil Membaca Bersama Abah

Bunda Yelli menuliskan kenangan masa kecil beliau bersama keluarga di kampung halaman, saya juga ingin menulisnya disini. Kenangan masa kecil saya bersama abah yang sangat suka membaca.

Saat saya masih SD, ( saya ini generasi jadul ya, sebab sudah hampir setengah abad ) keluarga kami berlangganan Koran “MERDEKA”. Seingat saya itu koran paling popular dan berkelas dimasanya. Berita-berita terbaru dapat kami dapatkan dari media ini. Sebab pada masa itu TV masih jarang yang memiliki. Kata orang, satu kecamatan itu hanya ada 3 orang yang punya TV. (nanti saya tulis di edisi lain )

Koran MERDEKA ini tergolong beritanya “berat-berat” dan terukur. Berita politik, olah raga, budaya, ekonomi, sastra semua diolah menjadi berita yang ‘aman” untuk dikonsumsi pembaca.

Kenangan saya dengan media ini sangat berkesan. Orang yang pertama baca Koran adalah abah. Setelah abah tuntas membacanya, barulah kami berani mengambil, dan membaginya untuk dibaca bersama-sama. Kakak, adik, pembantu semua membaca. Masing-masing kami memiliki ketertarikan yang berbeda. Kakak saya suka baca berita budaya dan olah raga. Adik suka olah raga dan gambar-gambar kendaraan, saya suka politik, olah raga dan ekonomi. Sedangkan pembantu saya lebih suka olah raga dan sastra.

Ada yang berkesan dari kebiasaan ini. Abah selalu menanyai kami tentang apa yang sudah kami baca, dengan bahasa diskusi. Abah pintar mengangkat topic untuk menggali daya tangkap kami dari apa yang kami baca. Meskipun dengan bahasa “rumpi”. Misal, “He, iku lho. Kok enek berita banjir di daerah Gresik. Padahal iku kan daerahe kering dan datar. Nyapo yo?”. Dan kami yang mendengar akan saling bersahutan menyampaikan ulasan berdasarkan apa yang kami baca. Dan berdiskusilah kita beramai-ramai dengan topic yang lain. Seru….

Kebiasaan ini menjadi kenangan indah, dan terbawa pada kami, terutama saya yang punya hobi membaca. Sekarang saya tahu, dengan berlangganan koran, begitulah cara abah mengenalkan kami pada dunia. Banyak ilmu dan informasi yang kami dapatkan. Saya kecil, sudah lebih tahu tentang berita dinegara-negara lain dibanding teman-teman saya. Saya yang kecil sudah mengenal istilah-istilah berkelas dan berat tentang ekonomi, politik, bisnis, budaya, olah raga dll. Bukan bermaksud sombong, itu sangat saya syukuri, karena itu adalah ilmu yang berguna.

Dengan membaca, saya bisa lebih bijak merangkai kata-kata diplomasi. Lebih bisa merangkai kalimat dalam bernegosiasi, sehingga menunjang pekerjaan saya saat saya masih sebagai humas keuangan. Saya lebih bijak membuat analisa ekonomi saat menjadi accounting. Memberi saya keberanian dan kejernihan logika saat saya maju menjadi caleg. Dan tentunya menjadi bekal yang sangat berharga saat saya diberi amanah menjadi guru. Juga memberi saya bekal ilmu saat saya menjadi seorang istri dan ibu rumah tangga. Dari membaca…..

Itulah abah, semua yang dilakukannya memberi kami banyak ilmu. Dan kami menyadarinya saat sudah dewasa. Terima kasih abah, terima kasih untuk masa kecil yang indah. Terima kasih Koran MERDEKA nya. Semoga ini menjadi amal jariyah abah…yang akan menghantar abah ke surga. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren sekali,,, Jadi ingat alm ayah,, beliau setiap waktu selalu membaca,,,, Sukses selalu

23 Oct
Balas

terima kasih

23 Oct

Masya Allah. luar biasa. Salam sukses dan salam Literasi

23 Oct
Balas

trm kasih pak Musdar

23 Oct

t.q teacher

23 Oct
Balas

Keren Abah nya Bu umi, asik ya , sukses Bu umi

23 Oct
Balas

Membaca membuka cakrawala dunia

23 Oct
Balas

rajin membaca banyak manfaatnya..mantaps bund..sukses sll

23 Oct
Balas

Apapun bisa jadi bahan tulisan. Seperti ini, aku, merdeka, abahku

23 Oct
Balas



search

New Post