Umi Fadilah, SE

Umi Fadilah, SE. Guru di MTsN 5 Tulungagung. Mengajar mata pelajaran IPS. Mencoba belajar menulis di media ini sebagai usaha mengasah kemampuan diri. Semo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rahasia Dapur

Rahasia Dapur

( Bagian 1 )

Yang saya tulis disini bukan rahasia dapur dalam tanda kutip. Mengapa disampaikan demikian ? karena seringkali kali kalimat rahasia dapur ini menyangkut urusan rumah tangga dan tetangga rumah. Yang saya sajikan disini adalah benar-benar rahasia dapur, alias urusan dapur.

Fungsi garam

Garam adalah salah satu jenis bumbu dapur yang seringkali menempati urutan prioritas ke-sekian. Alias bukan prioritas untuk diperhatikan atau diutamakan. Padahal tahukah bunda, garam ini adalah bintangnya olahan masakan kita. Selain untuk urusan masak-memasak, garam ini memiliki kegunaan dan fungsi yang luar biasa.

a. Penguat rasa pada sirup gula

Bunda-bunda cantik, ada satu trik yang ingin saya bagi yaitu bagaimana agar air rebusan gula kita terasa “padat”. Pada saat bunda merebus air gula untuk membuat syrup es, berikan sedikit garam pada air rebusan gula. Caranya pada saat air gula sudah mulai mendidih, masukkan sedikit garam kira-kira 1/2 sdt untuk satu kg gula. Saya jamin nanti rasa air gulanya kan terasa lebih sedap. Bisa dicoba, asal bunda-bunda yang manis, jangan terlalu sering makan manis, nanti kalau terlalu manis banyak semut yang datang……

b. Mengurangi radang tenggorokan

Cuaca yang berubah-ubah, debu dan makanan yang banyak mengandung MSG sering memicu timbulnya radang tenggorokan. Ini sangat menyiksa, terutama jika terjadi pada putra-putri kita.

Untuk langkah pertolongan pertama, bunda bisa memberikan larutan air garam untuk mengatasinya dengan cara dipakai untuk berkumur dari mulut hingga tenggorokan.

Mengapa harus garam ? ada cerita mengapa orang yang tinggal di tepi laut lebih jarang terkena radang tenggorokan dibandingkan mereka yang tinggal di dataran tinggi. Semua ini tidak terlepas dari kandungan garam yang mereka konsumsi.

Menurut para ahli “air garam bersifat hipertonik, atau memiliki tekanan osmotik yang tinggi dibanding cairan di sel. Jadi ketika sel-sel di tenggorokan ini terendam oleh air garam, cairan dalam sel akan tertarik ke permukaan, termasuk virus atau bakteri yang ada di tenggorokan. Sehingga kita bisa mengeluarkannya sambil mengeluarkan air yang dikumur,” Kelembaban ekstra di permukaan juga akan membuat tenggorokan terasa lebih nyaman. Selain itu, garam juga kemungkinan bisa membunuh beberapa virus atau bakteri jika mereka bila tertarik ke permukaan.

Itulah sekelumit rahasia dapur kita pada edisi tulisan hari ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada Rahasia Dapur Berikutnya ….

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih bundaa, untuk rahasia dapur kali ini. Ditunggu rahasia lainnya ya bun hihii

18 Oct
Balas

sama-sama bunda cantik. mohon doanya ada ide baru lagi

18 Oct

Keren, apa aja, idenya jd tulisan,keren, sukses selalu Bu umi

18 Oct
Balas

trm ksh bunda cantik

19 Oct

Siap bunda, trims informasi yangbsangat bermanfaat

18 Oct
Balas

sama-sama cantik.

18 Oct

Ulasan yang informstif dan bermanfaat bu. Sukses selalu dan terus berbagi

18 Oct
Balas

trm kasih

18 Oct

Ini layaknya tulisan seorang dokter yang memberi info kepada khalayak ramai ini. Lanjutkan. Bermanfaat.

18 Oct
Balas

t.q teacher

19 Oct



search

New Post