umi hasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Diklat Menulis
Semangat mengikuti diklat menulis

Diklat Menulis

Diklat Menulis

Seusai kegiatan penilaian akhir semester, tim literasi sekolah bekerja sama dengan OSIS dan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) merencanakan diklat menulis. Kepanitiaan pun disusun bersama. Panitia diklat terdiri dari Bapak-Ibu guru yang tergabung dalam tim literasi dan perwakilan siswa dari OSIS dan KIR. Bapak Ibu guru mendampingi anak-anak untuk menyiapkan segala keperluan diklat menulis.

Kami membentuk kepanitiaan, menentukan ketua, sekretaris, bendahara dan beberapa beberapa seksi. Proposal pun disusun untuk mengajukan dana kegiatan diklat menulis. Setelah mendapat ACC dari kepala sekolah, segala sarana dan kebutuhan diklat pun disiapkan. Semua panitia bekerja sama untuk kesuksesan diklat tersebut.

Anak-anak berlatih tanggung jawab dalam kegiatan diklat. Mereka belajar berbagi tugas dan melaksanakan tugas masing-masing dengan baik. Mulai dari mendesain dan menesan banner, perlengkapan ruangan dan menatanya dengan apik. Tidak lupa mereka sudah menyiapkan LCD proyektor dan laptop yang akan digunakan untuk presentasi. Selain itu juga menyiapkan sound system. Panitia konsumsi juga sudah memesan snack untuk kegiatan tersebut. Presensi juga sudah disiapkan.

Sedangkan dari tim literasi menyiapkan MC, moderator, dan pemateri. Materi dalam kegiatan diklat menulis kali ini andalah menulis fiksi dan nonfiksi. Menulis fiksi, meliputi cerpen dan novel. Sedangkan menulis nonfiksi meliputi menulis true story, esai dan artikel. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari. Tanggal 20 Desember 2023.

Acara dilaksanakan di aula sekolah dan dibuka oleh bapak kepala sekolah. Ada 80 peserta kegiatan yang terdiri dari kelas sepuluh, sebelas, dan beberapa kelas dua belas. Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan pembagian kelas. kelas dibagi menjadi dua, menulis fiksi dan nonfiksi sesuai dengan pilihan peserta. Semua peserta mengikuti kegiatan dengan antusias. Untuk menambah semangat semua peserta, panitia menyiapkan doorprise yang menarik. Dijamin semua peserta akan senang mendapatkannya.

Materi menulis disampaikan sehari dengan tatap muka. Selanjutnya semua peserta mendapat pendampingan selama satu pekan hingga tulisan mereka menjadi lebih baik. Bapak-ibu guru siap membantu kesulitan semua peserta dalam menyelesaikan tulisannya.

Syukur Alhamdulillah, pelaksanaan diklat menulis berjalan lancar. Meskipun sempat mati lampu dan menggunakan genset di awal acara. Semuanya terkendali dan berjalan sesuai rencana hingga akhir. Semua berkat kerja sama semua pihak, panitia siswa dan guru yang kompak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post