umi hasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Si Cantik Bunga Desember

Si Cantik Bunga Desember

Si Cantik Bunga Desember

Pernahkah teman-teman mendengar tentang bunga pukul empat? Bunga pukul Sembilan? Dan mengapa ada juga bunga desember? Lantas apa alasan dibalik pemberian nama-nama bunga tersebut?

Masing-masing bunga memliliki saat mekar yang berbeda. Ada bunga yang mekar dalam waktu yang lama, seperti bunga anggrek bulan yang bertahan hingga beberapa minggu bahkan lebih dari satu bulan. Ada pula yang hanya sesaat, seperti bunga wijaya kusuma yang mekar sesaat di malam hari. Ada yang mekar sepanjang tahun, seperti bunga pukul sembilan. Ada pula yang mekar setahun sekali, salah satunya adalah bunga desember.

Bunga desember memiliki nama ilmiah (nama latin) Haemanthus multiflorus. Bunga ini disebut dengan bunga desember karena umumnya hanya berbunga pada bulan Desember, saat hujan mulai turun. Tanaman ini tumbuh tahunan dengan tinggi mencapai 30 – 90 cm.

Tanaman hias ini memiliki bunga yang unik, termasuk bunga majemuk dengan bentuk payung. Tangkainya pipih dan panjang hingga 50 cm dan memiliki warna merah. Namun, saat ini bunga tersebut tidak selalu mekar pada bulan desember. Bahkan bunga desember seringkali mekar pada bulan Oktober. Nah, apakah lantas kita bisa menyebutnya bunga oktober? Entahlah.

Dari beberapa sumber dijelaskan bahwa daun, bunga, dan umbi bunga desember mengandung saponin yang berfungsi sebagai antimikroba. Selain itu juga mengandung berbagai zat yang punya khasiat medis diantaranya adalah flavonoida, zat yang bisa mengobati alergi dan peradangan. Selain itu daunnya juga dipercaya mengandung polifenol, yang bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Bunga desember juga dapat menyembuhkan luka bakar, dengan cara memanfaatkan umbi bunga desember yang masih segar. Umbi tersebut dicuci dan diparut kemudian ditempelkan pada bagian luka bakar.

Bunga desember dapat juga ditanam dalam pot. Untuk itu, kita bisa menyiakan media tanam berupa campuran tanah subur, pasir, humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Lalu campurkan semuanya secara merata. Setelah itu siapkan pot, isi dasarnya dengan pecahan bata merah dan ijuk. Lalu tambahkan campuran media hingga memenuhi pot. Setelah itu tanam bibit bunga desember pada kedalaman hingga lima sentimeter. Jangan lupa menyiram tanaman setiap hari agar tanaman tumbuh subur.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih, Pak. Salam. Literasi juga.

25 Dec
Balas

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

25 Dec
Balas



search

New Post