Umi Lestari

Penulis adalah guru Bahasa Inggris alumni dari IKIP Malang dan S2 di UNIPMA. Saat ini ia mengajar di MTsN 12 Madiun. Baginya, menjadi guru penulis d...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berbagi Jamu di Momen Hari Ibu

Berbagi Jamu di Momen Hari Ibu

Berbagi Jamu Pada Momen Hari Ibu

Siswa-siswi kelas 7 MTsN 12 Madiun mengadakan pembelajaran outing class. Pembelajaran yang dilaksanakan dengan didampingi oleh Kepala Madrasah dan beberapa guru tersebut diadakan di pasar tradisional Barakan Desa Dempelan Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun. Jarak pasar Barakan dengan MTsN 12 Madiun hanya 3 km, siswa menggunakan sepeda untuk sampai ke lokasi.

Apa yang dilakukan siswa dipasar tersebut? Pelaksanaan outing kelas tersebut bertepatan dengan momen Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2023. Dalam rangka memperingati Hari Ibu, siswa -siswi MTsN 12 Madiun menggelar aksi membagikan produk hasil pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA).

Produk yang diproduksi dari tema Kewirausahaan tersebut berupa minuman tradisional berupa jamu kunir asem dan beras kencur. Bahan baku dari produk minuman herbal tersebut berupa kencur dan kunir yang ditanam dilingkungan madrasah. Setiap minggu sekali, dijadwalkan kegiatan berkebun bagi siswa sebagai pembiasaan dalam rangka penerapan P5P2RA “ Hidup Berkelanjutan.”

Pasar Barakan merupakan pasar tradisional yang buka setiap pagi. Konon harga barang dipasar ini lebih murah daripada yang dijual ditoko-toko atau ditempat lain. Maka dari itu, pasar ini sangat ramai baik penjual maupun pembelinya dari berbagai desa disekitar tempat tersebut.

Dipasar tersebut, siswa -siswi MTsN 12 Madiun membagikan jamu dan sekuntum bunga kepada para ibu baik pembeli maupun penjual. Dengan mengusung tema “Selamat Hari Ibu yang ke 95”, para siswa dengan antusias membagikannya. Para ibu yang menerima aksi dadakan tersebut merasa senang dan bahagia mendapat ucapan Hari Ibu tersebut.

Dalam penjelasannya, Kepala MTsN 12 Madiun Asnurul Hidayati, S. Ag mengungkapkan bahwa kegiatan aksi berbagi jamu tersebut baru pertama kali diadakan. Jamu dipilih sebagai produk yang dibagikan kepada kaum ibu karena jamu itu minuman menyehatkan. Secara simbolis, jamu mempunyai kekuatan. Sebagai perempuan yang bekerja mencari menghasilan untuk membantu menopang ekonomi keluarga, ibu harus tetap bersemangat dan kuat menghadapi berbagai cobaan. Pengorbanan dan kasih sayang ibu tiada batas. Selamat Hari Ibu untuk seluruh Ibu di Indonesia. Salam bahagia selalu…

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen ulasan kegiatannya Mbak.. Luar biasa siswa dan gurunya,, Sukses selalu

22 Dec
Balas



search

New Post