Umi Lestari

Penulis adalah guru Bahasa Inggris alumni dari IKIP Malang dan S2 di UNIPMA. Saat ini ia mengajar di MTsN 12 Madiun. Baginya, menjadi guru penulis d...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kamis Wage

Kamis Wage

Pada hari Kamis Wage, dimadrasah tempat aku bersekolah, selalu ramai. Baik siswa maupun guru selalu riang, bahagia serta berfoto ria baik sendiri maupun bersama-sama. Dihari itu, semua harus memakai pakaian adat. Teman-teman tampak bahagia dengan baju adat barunya yang dibelikan oleh orang tuanya.

Bagiku, Kamis Wage adalah hari yang menyedihkan. Pada hari Rabu sore aku sudah mulai suntuk memikirkan baju mana yang harus kupakai untuk besok Kamis Wage. Berkali-kali kubuka lemari tua warisan nenek. Kulihat-lihat tumpukan baju-bajuku yang bercampur dengan baju ibu dan adikku.

“ Besok memakai baju adat lagi?” tanya ibu seolah tahu apa yang kucari dan kupikirkan.

“ Ya, “ jawabku pendek dan pelan.

“ Pakai baju muslim dulu, nanti kalau ibu sudah punya uang kita beli baju adat.” Ibu selalu begitu. Ini sudah berapa kali Kamis Wage. Aku masih belum punya bajunya. Dimadrasah setiap ditanya oleh bapak /ibu guru ,” kenapa hari ini pakai baju muslim ?” atau “ Kenapa tidak pakai baju adat?” Rasanya sedih sekali, tapi tetap kujawab,” Belum punya, Bu/Pak.”

Rasanya hari Kamis Wage lamaaa sekali. Aku harus bertahan dan berdoa agar waktu cepat berlalu. Ketika hari sudah siang dan pelajaran sudah selesei, aku lega. Besok hari Jum’at. Semua memakai pakaian muslim. Tidak ada beban lagi bagiku...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa menginspirasi bunda

07 Dec
Balas

Terima kasih Bapak. Salam hormat, semoga sehat selalu

08 Dec

Keren, sukses selalu untuk Ibu

08 Dec
Balas

Terima kasih Bapak. Semoga sehat selalu

10 Dec

Duhh...sy larut dlm crt. Smga ibu sgra bs menyediakan bj adat ya, nak?

08 Dec
Balas

Terima kasih Bund

08 Dec



search

New Post