Umi Lestari

Penulis adalah guru Bahasa Inggris alumni dari IKIP Malang dan S2 di UNIPMA. Saat ini ia mengajar di MTsN 12 Madiun. Baginya, menjadi guru penulis d...

Selengkapnya
Navigasi Web

Perang Dengan Micky Mouse

Didaerah saya masih banyak lahan sawah. Disini sawah hampir selalu ditanami padi. Alasannya karena harga padi lebih mahal dari tanaman lain. Setiap musim, selalu ada hama yang menyerang tanaman padi padi. Entah tikus, walang, wereng, burung dan lainnya. Seolah biaya untuk membasmi hama itu merupakan bagian dari perawatan padi. Jadi mulai dari pembibitan ,pembajakan lahan, tanam, pupuk, pengairan, dan obat-obatan pembasmi hama.

Saat ini hama yang paling banyak adalah tikus. Mulai bibit padi yang baru disemai sudah dimakan tikus. Nanti kalau sudah ditanam juga diserangnya. Berbagai cara dilakukan petani untuk membasminya. Dengan obat-obatan, racun, penggropyokan. Bahkan ada beberapa petani sampai memasang setrum listrik untuk melindungi sawah mereka dari serangan the micky mouse.

Tanda sawah yang dipasang setrum listrik kelihatan mencolok pada malam hari, yaitu ada lampu hijau dan merah dipinggir pematang sawah. Lampu itu juga jadi peringatan bagi orang lain yang mendekat sawah tersebut agar berhati-hati bahwa sawah tersebut dipasang setrum.

Rupanya, bukan manusia saja yang bertambah pinter. Mungkin tikus juga selalu membaca berita sehingga mengetahui banyak hal. Mungkin mereka juga selalu belajar dan mengakses internet atau baca buku, sehingga mereka sangat lihai dan cerdik ( haha ). Tikus sekarang lebih kebal terhadap racun atau obat-obat yang dipasang disawah. Para petani sampai pusing. Bagaimana sawah yang dipasang setrum , amankah? Tidak, malah memakan korban. Beberapa orang meninggal karena kesetrum… bahkan sipemilik sawah yang memasang setrum.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post