AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF CGP ANGKATAN 7 KAB TULUNGAGUNGUMI NASIKAH,S.PdSD
AKSI NYATA
MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF
NAMA
: UMI NASIKAH, S.PdSD
ANGKATAN
: 7 KABUPATEN TULUNGAGUNG
KELAS LMS
: 218
UNIT KERJA
: SDN PODOREJO 02
LATAR BELAKANG
Budaya positip adalah kayakinan dan nilai yang disepakati yang menjadi kebiasaan bersama yang akan dilakukan dalam waktu lama. Menerapkan budaya positif dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam membentuk karakter positif. Budaya positif dapat dibuat melalui kesepakatan antara guru dan siswa, agar siswa merasa terlibat dan bertanggungjawab dalam menjalanankan disiplin tersebut.
TUJUAN AKSI NYATA
1. pembiasaan literasi adalah bagian dari kesepakatan kelasyang wajib dijalankan dan diterapkan oleh murid dan guru
2. Melatih kedisiplinan dan tanggung jawab siswa untuk senantiasa melakukanbudaya positip yaitu membaca
3. Agar murid,guru, dan seluruh warga sekolah mencintai kegiatan membaca sehingga meningkatkan pemahaman belajar
4. Agar menimbulkan semangat belajar murid
DESKRIPSI AKSI NYATA
1. CGP mengambil satu poin kesepakatan kelas yaitu literasi sebelum pembelajaran
2. CGP ber koordinasi dengan Kepala Sekolah
3. Melaksanakan Literasi dengan berbagai model yaitu, literasi pribadi, lietarsi berpasangan, literasi siswa bercerita, literasi guru bercerita
4. kegiatan dilaksanakan setiap pagi sebelum kegiatan pembelajaran
5. bekerjasama dengan seluruh warga sekolah
TOLOK UKUR KEBERHASILAN
1. Peserta didik melaksanakan kegiatan literasi sebelum pembelajarn
2. Terjalin komunikasi positif dengan seluruh warga sekolah
LINI MASA
1. Meminta ijin dan dukungan dari kepala sekolah dan teman sejawat
2. Membuat keyakinan kelas.
3. Mengkoordinir dan mengawasi murid dalam menjalankan poin kesepakatan kelasyaitu literasi sebelumpembelajarn
4. Kegiatan literasi di lingkungan sekolah bersama seluruh warga sekolah
5. Membuat dokumentasi.
6. Menyusun laporan.
DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
Untuk melancarkan pelaksanaan rancangan tindakan untuk aksi nyata yang telah penulis susun tentunya penulis memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Adapun dukungan yang penulis perlukan yaitu; dukungan dan izin kepala sekolah, keterlibatan siswa, dan juga dukungan dari orang tua siswa.
REFLEKSI
Pelajaran yang dapat saya ambil dari kegiatan aksi nyata saya pada budaya positif ini bahwa dengan melibatkan siswa membuat keyakinan memberikan dampak positif pada motivasi intrinsik mereka untuk patuh pada kesepakatan , tolak ukurnya adalah ketika pembelajaran belum berlangsung siswa kelas satu secara mandiri melakukan literasi mandiri dan kemudian kegiatan ini saya kombinasikan untuk bentuk literasi yang lain yaitu teman bercerita, guru bercerita dan literasi berpasangan.
Dengan menerapkan restitusi maka saya merasakan perubahan pada peserta didik bahwa mereka meskipun melakukan kesalahan dan mendapatkan perlakukan pendisiplinan secara positif merasa tidak dipojokkan dan menyadari kesalahan dan tidak mengulang perbuatan tersebut.
Kedepan saya akan lebih berusaha untuk bisa memiliki posisi control manager agar dapat memiliki kontribusi pada budaya positif di sekolah, Dan semoga praktik baik yang telah saya lakukan bisa terus berlanjut tidak berbatas pada selesainya modul Budaya positif ini saja.

LITERASI BERPASANGAN

LITERASI MANDIRI

LITERASI TEMAN BERCERITA

LITERASI GURU BERCERITA

KEYAKINAN KELAS
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar