JURNAL REFLEKSI MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK
JURNAL REFLEKSI
MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK
NAMA
: UMI NASIKAH, S.PdSD
ANGKATAN
: 7 KABUPATEN TULUNGAGUNG
KELAS LMS
: 218
UNIT KERJA
: SDN PODOREJO 02
Refleksi minggu ini saya akan menuliskan apa yang telah saya lakukan dan saya alami selama satu minggu , apa yang menarik buat saya kemudian rencana selanjutnya yang akan saya lakukan dalam minggu selanjutnya jurnal refleksi minggu ini saya menggunakan model I yaitu 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) atau 4P yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.
Peristiwa
Saya memulai belajar modul 1.3 Visi Guru Penggerak adalah pada tanggal 22 November Tahun 2022 pada alur mulai dari diri pada alur ini saya melakukan refleksi secara mandiri untuk menggambarkan murid dan lingkungan belajar untuk 5 sampai dengan 10 tahun lagi. Dari kegiatan ini saya menginginkan bahwa 5-10 tahun lagi anak didik saya menjadi pribadi yang tangguh, mandiri, cerdas, kreatif, berbudi pekerti dan beriman. Gambaran yang dapat saya simpulkan bahwa saya ingin murid saya menjadi pribadi yang cerdas berkarakter profil pelajar Pancasila dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
Pada tanggal 22 November Tahun 2022 Saya juga belajar eksplorasi konsep. Di dalam eksplorasi konsep ada beberapa sub halaman di dalam LMS, pada halaman pertama alur eksplorasi konsep saya mempelajari tentang IA atau inkuiri apresiatif adalah sebagai landasan berpikir yang berfokus pada upaya kolaboratif untuk menemukan hal positif dalam diri seseorang dalam suatu organisasi dan dunia disekitarnya baik di masa lalu masa kini atau masa yang akan dating. Kemudian selanjutnya saya juga mempelajari tentang visi, dimana visi harus bisa menggerakkan semua pihak, visi bertujuan untuk perubahan yang lebih baik, visi melihat kondisi saat ini sebagai garis start. Pemimpin di sekolah harus mendorong perubahan budaya sekolah secara konstruktif dan berkelanjutan, peran guru penggerak adalah mengelola diri sendiri sambil terus berusaha menggerakkan orang lain.
Selanjutnya IA sebagai pendekatan manajemen perubahan dapat diwujudkan dengan BAGJA yaitu sebuah penelitian yang diawali dengan mencari hal positif yang ada di sekolah dan membangun psikologis dengan pertanyaan yang positif dan apresiatif, alur BAGJA yaitu B buat pertanyaan utama A ambil pelajaran G gali mimpi bersama J jabarkan rencana dan A atur eksekusi.
Di dalam alur buat pertanyaan kita harus bisa merumuskan pertanyaan terkait perubahan positif yang diinginkan. Kemudian pada alur ambil pelajaran kita mencari hal-hal positif atau pengalaman positif yang telah dialami di alur gali mimpi kita menarasikan kondisi ideal yang diharapkan kemudian dilanjutkan alur jabarkan rencana di sana kita menuliskan hal-hal penting yang direncanakan untuk mewujudkan visi kita . Alur atur eksekusi kita memutuskan langkah siapa yang berperan bagaimana strateginya.
Proses inkuiri pada BAGJA adalah manajemen perubahan yang dapat menguatkan hubungan antar manusia atau gotong-royong yang selaras dengan inkuiri apresiatif yang berpijak pada pola borasi positif apresiatif.
Dari manajemen perubahan dengan inkuiri apresiatif kita mendapatkan hal-hal sebagai berikut yaitu
1. merumuskan visi yang ingin kita capai
2. membuat prakarsa perubahan
3. 3menggunakan Bagja inkuiri apresiatif akan mendorong kreasi dan kolaborasi warga sekolah juga mendorong gotong-royong dimana dalam mengelola perubahan relasi akan mewujudkan komunikasi yang positif, komunikasi yang positif akan menghasilkan kolaborasi, kolaborasi yang baik akan menghasilkan kontribusi.
Kemudian dalam membuat lagkah BAGJA dalam mewujudkan sebuah prakarsa perubahan kita bisa menggunakan cara ATM yaitu amati tiru modifikasi atau niteni nirokke dan nambahi.
Pada tanggal 25 November Tahun 2022 saya mengikuti kegiatan diskusi kelompok modul 1.3 di dalam diskusi kelompok saya bertemu teman-teman sesama cgv melalui kegiatan virtual gimana kita merumuskan visi bersama kemudian membuat alur Bagja sesuai dengan visi yang kita tentukan dan mencari penyelesaian masalah selanjutnya Pada tanggal 28 November Tahun 2022 Saya melaksanakan kegiatan alur di ruang kolaborasi sesi presentasi bersama teman-teman sesama cgp disana saya melakukan kegiatan presentasi dan menanggapi presentasi dari kelompok lain dari kegiatan ini saya banyak belajar tentang penyusunan alur kerja melalui inkuiri apresiatif.
Minggu 27 Nopember 2022, saya mengikuti Lokakarya 1 di SMA Negeri 1 Ngunut dengan pembelajaran topic komunitas praktisi, Komunitas praktisi adalah sekelompok manusia yang memiliki kegelisahan yang sama dan ingin mencari solusi bersama.
Pada hari Kamis tanggal 1 Desember Tahun 2022 saya mengikuti kegiatan elaborasi bersama teman cgp instruktur dan fasilitator di sini saya semakin mantap dalam memahami alur BAGJA, IA dan belajar tentang Visi. Selanjutnya pada hari Jumat dan Sabtu yaitu tanggal 2 dan 3 Desember 2022, Saya mengerjakan kegiatan alur koneksi antar materi dimana saya melakukan pengkaitan materi di modul 1.1 modul 1.2 dan modul 1.3. Pada modul 1.1 saya mengetahui bahwa menurut Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantoro salah satu tujuan pendidikan adalah pembentukan budi pekerti yang dapat disebut sebagai karakter. Disebutkan bahwa karakter merupakan hal yang dapat dibentuk karena sebuah pembiasaan yang konsisten berdasarkan teladan yang berkelanjutan. Karakter yang kita cita-citakan adalah profil pelajar Pancasila. Dalam rangka mengaantarkan peserta didik menuju manusia yang memiliki karakter profil pelajar Pancasila perlu adanya sebuah perubahan mendasar pada budaya sekolah untuk mewujudkan visi tersebut. Muara dari semua perubahan budaya sekolah adalah berpihak pada perkembangan peserta didik sesuai dengan nilai guru penggerak berpihak pada murid. Dalam melakukan sebuah perubahan dapat dilakukan dengan inkuiri apresiatif yang merupakan paradigma perubahan berbasis kekuatan kolaborasi dan berbasis asset. Dalam melakukan sebuah perubahan peran guru penggerak adalah mengelola diri sambil terus berusaha menggerakkan orang lain di lingkungan pengaruhnya sesuai dengan peran guru penggerak sebagai pendorong kolaborasi melakukan Inovasi dan berpikir reflektif.
Perasaan:
Yang saya rasakan ketika saya mempelajari modul ini pada saat eksplorasi konsep dipikiran saya materi yang begitu banyak membuat saya sulit memahami. Perlu beberapa kali saya membaca untuk mendapatkan pemahaman yang saya inginkan. saya harus betul betul membagi waktu antara tugas sekolah dan tugas di program pendidikan guru penggerak. Sampai pada tahap kolaborasi Alhamdulillah saya mulai bisa memahami modul ini tentang visi guru penggerak.
Pembelajaran
Dari kegiatan pembelajaran pada modul 1.3 saya mempelajari tentang menentukan visi perubahan, membuat prakarsa perubahan dan menentukan alur Bagja untuk mewujudkan prakarsa perubahan yang kita inginkan. Dimana di dalam prakarsa perubahan perlu adanya kolaborasi dari seluruh unsur di sekolah untuk menuju sesuatu yang kita harapkan tersebut. Saya sangat bersyukur ketika saya berada pada fase diskusi saya bisa bertukar pikiran dengan teman-teman sesama calon CGP untuk membuat sebuah Visi dan menentukan prakarsa perubahannya dari kegiatan tersebut saya secara mandiri bisa membayangkan bagaimana saya akan mewujudkan visi saya dengan alur inkuiri apresiatif BAGJA di sekolah saya.
Penerapan ke depan (Rencana)
Dalam kapasitas saya di lembaga sebagai guru maka saya akan terus memantaskan diri dan mengelola diri untuk menjadi pribadi yang mampu mempengaruhi orang orang disekitar saya untuk terus mengembangkan diri dan menyadari pentingnya sebuah prakarasa perubahan dan melakukan kolaborasi untuk mewujudkan prakarsa perubahan
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantap ulasannya keren
Terimakasih
Terimakasih
Terimakasih