Umi Nurjanah

Pernah belajar di SMP Negeri 1 Ambulu, SPG Negeri Jember dan IKIP PGRI Jember Sekarang aktif mengajar di MTs Ma'arif Ambulu, Kabupaten Jember...

Selengkapnya
Navigasi Web
Akhirnya Selesai Juga

Akhirnya Selesai Juga

Sudah sebulan yang lalu saya mengikuti Pelatihan Menulis Sagusabu yaitu singkatan dari satu guru satu buku, yang diadakan oleh KPPL Kemenag Jember. Pelatihan dilaksanakan cuma 2 hari disuruh membuat tugas untuk membuat Buku. Sesuai dengan judulnya Pelatihan Sagusabu, satu guru diberi tugas membuat satu buku. Buku yang ditulis bebas, bisa Buku Sejarah, Buku Kumpulan Puisi, Buku Kuliner, Buku Kumpulan Cerpen, Buku Fiksi, Buku Non Fiksi, Buku Memoar dan lain-lain. Ditentukan tebal naskah buku minimal 50 halaman dan diberi waktu cuma satu bulan. Apakah saya bisa ? Dengan waktu cuma sebulan sedangkan kegiatan sehari-hari sudah padat. Belum lagi kalau ada acara-acara yang mendadak lainnya. Awalnya saya ragu, tapi ini adalah tugas dan saya ingin belajar, maka saya harus bisa menyelesaikan dalam waktu satu bulan. Teman-teman yang lain saja bisa saya juga harus bisa. Sayapun berniat mengerjakan, tapi belum ada ide dipikiran apa yang akan saya tulis waktu itu. Apalagi sampai membuat sebuah naskah buku dalam waktu yang singkat. Karena baru belajar saya mulai buka-buka lagi materi di laptop yang saya dapatkan waktu pelatihan. Mulailah ada ide gambaran buku apa yang akan saya tulis. Dengan membaca bismillah saya memulai menulis. Kemudian saya menentukan judul, judulpun sempat berganti-ganti tapi temanya tetap sama. Lalu membuat sinopsisnya dilanjutkan membuat outlinenya. Semua saya kerjakan dengan mencicil setiap ada waktu yang senggang. Setiap hari saya selalu berusaha untuk menyisihkan waktu untuk mengerjakan meskipun hanya sebentar. Alhamdulillah tepat hari ke 29 saya bisa menyelesaikannya. Sebulan kurang sehari hehe... Kemudian saya kirim naskah buku saya lewat alamat email yang diberikan. Semoga kedepannya saya bisa berkarya menulis buku lagi. Terimakasih Bapak Febry Suprapto selaku Instruktur Nasional Media Guru dan Ibu Lilik Fatkhu Diniyah selaku Penanggung Jawab Kelas KPPL Kemenag Jember yang telah membimbing kami untuk membuat naskah buku sampai selesai, juga terimakasih kepada teman- teman yang saling support dan membantu saya. Tanpa bantuan mereka semua naskah buku saya tidak akan selesai. Semoga Allah membalas kebaikan mereka semua. Aamiin...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wuih... Selamat bu... Akhirnya selesai juga bukunya...

02 Nov
Balas

Terimakasih Pak ... pingin seperti njenengan ...

04 Nov

Alhamsulillah akhirnya bisa ya say aku saja blm punya buku tunggal hebat ..sukses selalu...

12 Nov
Balas

Aamiin... terimakasih

19 Nov

Selamat Bu Umi..semoga membawa keberkahan..salam sukses salam motivatrust.

06 Nov
Balas

Aamiin... Terimakasih

06 Nov



search

New Post