Umi Salamah

Lahir di Jombang, sebagai pengawas madrasah yang selalu ingin belajar menulis. Semoga bisa bermanfaat bagi sesama....

Selengkapnya
Navigasi Web
PESONA PANTAI BALEKAMBANG

PESONA PANTAI BALEKAMBANG

PESONA PANTAI BALEKAMBANG

*******

Alhamdulillah liburan akhir tahun 2023 kemarin anak-anak bisa libur bareng, baik yang bersekolah di pesantren maupun yang kuliah libur semester. Untuk menikmati liburan akhir tahun anak-anak minta untuk berlibur ke Pantai Balekambang Malang.

Pantai Balekambang adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudra Indonesia secara administratif masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco Kecamatan Bantur kabupaten Malang Jawa Timur, dan merupakan salah satu wisata di Kabupaten Malang sejak 1985 hingga kini. Pantai ini berjarak sekitar 65 km dari pusat Kota Malang dan dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam. Apalagi sekarang bisa diakses dengan Jalur Lintas Selatan (JLS).

Pantai Balekambang merupakan salah satu objek wisata utama di Kabupaten Malang. Daya tarik Balekambang adalah panorama alam, ombak yang tinggi, dan pasir pantai putih. Area pasir putih cukup luas sehingga pengunjung dapat menikmati beragam aktivitas seperti bermain di tepi pantai, piknik, hingga berolahraga.

Pantai Balekambang memiliki daya tarik hamparan pasir putih yang luas, ombak yang tinggi, dan pantai berbatu karang. Gugusan karang di Balekambang diperkirakan sepanjang 2 kilometer dengan lebar 200 meter. Terdapat 3 pulau yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Balekambang, yakni Pulau Ismoyo, Wisanggeni, dan Anoman. Menurut legenda penduduk sekitar, Pulau Ismoyo adalah tempat pertapaan Semar atau Ismoyo, salah satu punakawan dalam pewayangan Jawa. Begitu pula dengan penamaan Pulau Wisanggeni dan Pulau Anoman yang berasal dari tokoh pewayangan. Ketiga pulau tersebut terhubung dengan pantai melalui jembatan.

Pantai Balekambang terus berbenah, sejumlah fasilitas tambahan disediakan pengelola, salah satunya flying fox. Permainan ini dilaunching sejak Agustus 2012, tetapi flying fox ini hanya buka setiap Sabtu-Minggu. Selain flying fox, permainan untuk anak-anak juga menjadi daya tarik. Beragam varian mainan seperti ayunan, patung hewan lengkap tersedia. Bahkan tak lama lagi akan disediakan persewaan ATV. Di sekitar Pantai Balekambang juga sudah tersedia penginapan untuk para pengunjung.

Liburan akhir tahun banyak pengunjung yang mendirikan tenda untuk camping di tepi pantai. Mereka sengaja bermalam di tenda untuk menghabiskan malam pergantian tahun.

Bila penasaran silakan berkunjung ke Balekambang Malang. Pasti dijamin menyenangkan dan puas. Menikmati indahnya panorama pantai sambil menikmati kelapa muda di tepi pantai.

Sumber: Wikipedia

********

Kamis, 04 Januari 2024 (Hari ke-4)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang informatif. Kapan ya saya bisa ke sana? Hehe.... Smg sehat selalu, Bun

05 Jan
Balas

Liburan depan Bund.

06 Jan

Wow ... indah penuh pesona bun. Luar biass

05 Jan
Balas

Healing .... healing. Terima kasih Pak Tri.

06 Jan

Keren ulasannya bu

05 Jan
Balas

Saya pernah kesana, Bu. Memang ok bingit tempatnya. salam bahagia.

05 Jan
Balas

Semoga masih mau ke sana lagi Bund.

06 Jan

Semoga masih mau ke sana lagi Bund.

06 Jan

Mantap ulasannya, Bu Umi. Salam sukses selalu!

04 Jan
Balas

Terima kasih Bu Kharir. Sukses selalu.

06 Jan

Terima kasih admin.

04 Jan
Balas



search

New Post