Umi Zahroh

Lahir di Magelang pada tanggal 15 Desember 1975. Pernah mengajar sebagai guru wiyata bakti di sebuah MTs swasta. Sekarang dia bekerja di MTs Negeri 3 Magelang....

Selengkapnya
Navigasi Web
ANGGREK VANDA

ANGGREK VANDA

Anggrek merupakan tumbuhan bunga (Antophyta) atau tumbuhan berbiji (Spermatophyta) kelompok monokotil (keping biji tunggal). Secara alami, anggrek hidup menempel di batang pepohonan atau bersifat epifit. Anggrek mendapatkan makanan dari air hujan yang mengandung mineral dan unsur nitrogen. Anggrek juga tahan terhadap kondisi kekurangan air asal suhunya tidak terlalu tinggi dan cukup mendapatkan angin.

Ada banyak jenis anggrek di seluruh dunia. Salah satu yang saya miliki adalah vanda. Ciri-cirinya batang monopodial (memiliki satu batang pokok/utama), daun sempit memanjang dan memeluk batang dengan jarak yang sangat dekat, memiliki akar serabut, bunga dengan jumlah perhiasan 6 (5 daun mahkota dan 1 lidah). Bentuk daun dan perhiasan bunga sangat bervariasi.

Anggrek jenis vanda yang dibudidayakan ditanam dengan atau tanpa media. Media yang sering digunakan berupa papan kayu, papan pakis, sabut kelapa, sekam, bahkan ada jenis vanda tanah. Vanda yang ditanam tanpa media biasanya diletakkan pada pot lalu digantung. Sistem penanaman seperti ini disebut aeroponik. Penanaman dengan media memiliki syarat porous (melewatkan air), karena jika media tanam menyimpan air dalam waktu lama dapat menyebabkan kebusukan.

Penyiraman dilakukan setiap hari bila tanaman tidak terkena air hujan. Pemupukan diberikan dua minggu sekali berselang seling dengan pemberian insektisida, bakterisida, dan fungisida. Kalau anggrek dirawat dengan perlakuan tadi secara rutin, pasti mereka sehat, segar, dan akan berbunga pada waktunya. Kita tidak perlu memberikan pupuk pembungaan, mereka akan menunjukkan pesona bunganya secara rutin pula. Alhasil, mata kita akan selalu termanjakan bila melihat keindahan mereka. Mulut kita pun akan mengucap syukur kepada Sang Maha Pencipta, Sang Maha Indah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selain indah dipandang, ternyata anggrek indah pula jadi tulisan. Siip, bu Umi. Tambah lagi tulisan seputar anggreknya. Menarik

11 Apr
Balas

Insyaallah pak. Terima kasih

14 Jun

Koleksi Vandanya bu Umi cantik-cantik. Pengen bisa tlaten begitu, Bu. Punya saya empat belas pot tinggal lima.

07 Apr
Balas

Mungkin anggreknya ngambek karena si empunya belum paham dengan yang ia mau. Tapi anggrek saya yang mati juga banyak Bu. An tenan

08 Apr

Mantap buk aku juga suka anggrek

07 Apr
Balas

Alhamdulillah, ada teman penyuka anggrek

08 Apr

Alhamdulillah, belajar menulis lagi

07 Apr
Balas

Anggreku sekarang jarang berbunga. Kenapa ya.....Salam kenal..

07 Apr
Balas

Syarat anggrek mau berbunga secara umum selain sudah dewasa, ia perlu cahaya matahari dan nutrisi yang cukup. Salam kenal juga...

08 Apr



search

New Post