UMMI NELWATI,S.Pd, M.Pd

Sebagai seorang guru matematika di SMPN 1 BINTAN KEPRI, menulis merupakan keinginan yang lama sudah terpendam dari semenjak aku kecil. Ketika muncul keinginan u...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hariketujuh

Hariketujuh

Hari ke tujuh 15 May @Opini

#TantanganGurusiana

#Tantangan30HariMenulis

#Tantanganharike7

 

Tren Sekarang Tentang Generasi Milenial Zaman Now

 

Sebagai guru aku lebih membebaskan generasi milenialku untuk lebih berekspresi dengan tujuan pola pendidikan di sekolah seimbang antara teori dan praktek.

Sebagai guru aku harus mampu untuk memahami dan menyesuaikan karakteristik dari siswaku sebagai generasi milenial pada saat ini, agar dapat menggunakan strategi, metode, dan media pembelajaran yang tepat yang disesuaikan dengan kecanggihan media informasi dan teknologi.

Lalu bagaimanakah guru cerdas yang diharapkan oleh generasi milenial pada saat ini?Haruskah aku melek digital?

Ku sadar metode pembelajaran masa kini sangat berbeda dengan zaman aku sekolah dahulu yang hanya cukup mengandalkan kapur dan papan tulis dalam proses belajar mengajar.

Aku harus menjadi guru yang memiliki kemampuan dalam menggunakan alat-alat berupa elektornik dan kecakapan perilaku dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi, tapi bagaimana caranya?. Hm.......sedikit banyak tidak mengecilkan kemampuan insyaallah aku bisa mengoperasikan komputer dalam menjalankan tugas dan fungsi profesiku.

So, aku harus memanfaatkan kecanggihan teknologi sebagai sumber belajar dan komunikasi pembelajaran. Ku coba menggunakan media sosial dengan tujuan untuk menjalin gaya komunikasi yang efektif terkait pembelajaran atau konseling di luar dunia nyata. Whatsapp dan facebook akan dapat memudahkan aku dalam berkomunikasi dengan siswa, walaupun di dunia maya dan jarak berjauhan siswaku semangat berdiskusi mengenai pelajaran.

Aku berusaha untuk mampu menyuguhkan pembelajaran yang menyenangkan dan penuh makna, menyenangkan dan mudah untuk dipahami oleh generasi milenialku agar mereka tidak merasa bosan ketika pembelajaran matematika yang abstrak sedang berlangsung.

Generasi milenial zaman now masa kini, ya aku harus memberikan keleluasaan generasi milenialku untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Namun aku harus ingat, mereka perlu juga teladan dan berperilaku yang bisa dicontoh sehingga melahirkan generasi yang cerdas dan berkarakter.

 

Kriteria guru cerdas di era generasi milenial sering ku dengar, konon menurutnya dapat membangkitkan semangat belajar karena sesuai dengan perkembangan zaman karakteristik siswa dan juga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

Walaupun aku menyandangg gelar guru matematika tapi aku harus belajar lebih banyak lagi tentang mbah google. Aku bersama generasi milenialku browsing di youtube tentang tutorial membuat powerpoint, tutorial membuat dan mengedit video pembelajaran. Alhamdulillah suatu ketika ku diberi kesempatan bergabung dengan pembatik. kesempatan ini tidak ku sia-siakan, aku harus lebih kreatif dan dapat menggunakan stratgei, metode dan media untuk menghadapi kecanggihan teknologi di zaman now ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post